Penggunaan CO2 Dapat Meningkatkan Efektivitas Penambangan Emas

Editor: Redaksi author photo

Penggunaan CO2 Dapat Meningkatkan Efektivitas Penambangan Emas

KALBARNEWS.CO.ID (RUSIA)
- Pasokan karbon dioksida dalam jumlah besar ke bioreaktor dengan mikroorganisme yang mengoksidasi mineral sulfida meningkatkan efektivitas ekstraksi emas pada suhu yang lebih tinggi. Kesimpulan tersebut dibuat oleh para ilmuwan dari Pusat Penelitian Federal “Fundamentals of Biotechnology” dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia setelah survei yang diterbitkan dalam jurnal Biology. 


Penemuan ini dapat memfasilitasi penambangan industri emas dari bijih sulfida, di mana endapan mineral digabungkan secara kimia dengan belerang.


Emas diekstraksi dari bijih sulfida dengan menggunakan mikroorganisme termoasidofil –archaea (mikroorganisme bersel tunggal tanpa inti) dan bakteri yang aktif dalam lingkungan sangat asam pada suhu 40-50 derajat Celcius. 


Mikroorganisme ini mengoksidasi mineral sulfida yang menyebabkan mineral tersebut hancur dan melepaskan partikel emas yang terkandung di dalamnya. Namun, bagaimana penambahan karbon dalam jumlah berlebihan dapat mempengaruhi efektivitas oksidasi?

 

Untuk menjawab pertanyaan ini, para ilmuwan dari Pusat Penelitian Federal “Fundamentals of Biotechnology” dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia melakukan serangkaian percobaan yang bermuara pada penambahan sejumlah besar karbon dioksida dan molase (sari tebu yang dikeringkan), yaitu dua sumber karbon yang berbeda. , ke dalam bioreaktor tempat dua mineral yang menampung emas – pirit dan pirit arsenik – dioksidasi. Percobaan dilaksanakan pada suhu 40, 45 dan 50 derajat Celcius.

 

Ternyata hasil terbaik diperoleh melalui penambahan CO2 dalam jumlah besar pada suhu 45 dan 50 derajat Celsius, sedangkan pada suhu 40 derajat penggunaan kedua sumber karbon tersebut praktis tidak meningkatkan kemampuan populasi mikroba dalam mengoksidasi mineral. Menurut para ilmuwan, hal ini disebabkan oleh fakta bahwa jumlah mikroorganisme meningkat drastis akibat pengaruh karbon berlebih dan suhu tinggi.

 

“Survei kami menunjukkan bahwa tambahan pasokan karbon dioksida ke reaktor membantu meningkatkan efektivitas bio-oksidasi mineral oleh komunitas mikroba dan pada saat yang sama memungkinkan untuk mencegah penekanan bio-oksidasi pada suhu yang lebih tinggi, yang merupakan a masalah khas reaktor industri,” Alexander Bulayev, Kandidat Ilmu Biologi, salah satu penulis survei tersebut, seperti dikutip oleh Pusat Penelitian Federal “Fundamentals of Biotechnology” dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia.

 

Komersialisasi hasil survei dapat memperluas batas manfaat penggunaan CO2, yang saat ini bermuara pada pendinginan reaktor, produksi daging, dan minuman berkarbonasi. (Tim Liputan)

Editor  Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini