Pemkab Ketapang Komitmen Penuhi Hak-Hak Penyandang Disabilitas

Editor: Redaksi author photo

 Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Sos saat menghadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional 

KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG
) - Jumlah penyandang disabilitas di Kabupaten Ketapang per Nopember 2023 sebanyak 1450 jiwa dengan berbagai jenis disabilitas dan tersebar di 20 Kecamatan.


Hal itu disampaikan Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Sos saat menghadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional dan Pencanangan Universal Health Coverage, pada Rabu (13 Desember 2023)  di Gedung Pancasila Ketapang.


Bupati  mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Ketapang berkomitmen untuk memenuhi hak-hak bagi penyandang disabilitas diantaranya dengan pemberian bantuan sosial, perlindungan dan jaminan sosial, bantuan usaha serta pemberdayaan.


"Disabilitas juga diberikan kesempatan yang sama, kesempatan yang luas untuk mendapatkan pendidikan yang layak, kesempatan yang luas untuk bekerja dan berkarier, serta kesempatan yang luas untuk berprestasi," ujarnya Beliau


Selanjutnya, bupati juga menyebutkan  beberapa prestasi disabilitas Kabupaten Ketapang  di bidang olahraga,  menurut Beliau,  pada event Peparprov VI  6 bulan lalu, berhasil menduduki tempat ketiga perolehan medali 14 Kabupaten/ Kota.


"Untuk itu saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya bagi yang sudah bertanding dan mengharumkan nama Kabupaten Ketapang," ucap Bupati.


Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengatakan jika Pemerintah Kabupaten Ketapang juga telah memberikan jaminan kesehatan, berupa BPJS Kesehatan bagi seluruh disabilitas yang terdata di Dinas Sosial PPPA-KB Kabupaten Ketapang. 


"Jaminan sosial yang berupa jaminan kesehatan nasional di Kabupaten Ketapang terus mengalami peningkatan. Total cakupan peserta program  JKN/KIS, per Januari 2023 sebesar 83.10% dan meningkat menjadi 95,36% per 1 Desember 2023," terang Bupati. 


Beliau mengimbau, agar semua pihak dapat bekerjasama dalam upaya untuk meningkatkan cakupan JKN/KIS di Kabupaten Ketapang.


"Kami optimis pada tahun 2024 dapat mencapai cakupan JKN/KIS diatas 98%, sesuai instruksi Presiden nomor 1 Tahun 2022 dan target yang ditetapkan dalam RPJMN," tegas Bupati.


Bupati mengajak seluruh masyarakat dan jajaran pemerintah untuk memastikan terpenuhnya hak-hak penyandang disabilitas.


"Saya mengapresiasi dan perjuangan teman-teman disabilitas yang begitu hebat, teman-teman memiliki keistimewaan sekaligus talenta yang luar biasa sehingga menghasilkan karya yang keren dan bernilai ekonomi," pungkas bupati. 


Dalam kegiatan itu, juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan dan plakat Universal Health Coverage dari BPJS Kesehatan kepada Pemerintah Kabupaten Ketapang oleh Deputi Direksi wilayah IV BPJS Kesehatan,  penyerahan kartu JKN-KIS, kursi Rroda, sepada motor usaha , gerobak dan Mmodal isaha oleh wakil bupati, Deputi Direksi BPJS, perwakilan sentra satria Baturraden dan Manager BO BRI kepada penyandang disabilitas.


Turut hadir juga  Forkopimda Ketapang, para Kepala OPD serta Ketua PPDI Ketapang. (Fendi's).

Share:
Komentar

Berita Terkini