Ketua Umum GINSI Capt Subandi Lantik Ketua BPD GINSI Kalbar Syahril Mochtar

Editor: Redaksi author photo

Ketua Umum GINSI Capt Subandi Lantik Ketua BPD GINSI Kalbar Syahril Mochtar

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK)
- Ketua Umum Badan (Ketum) Pengurus Pusat Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (BPP GINSI) Capt H.Subandi, secara langsung melantik Ketua BPD GINSI Kalbar H. Syahril Mochtar  beserta Kepengurusan Badan Pengurus Daerah (BPD) GINSI Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) masa bhakti 2023-2028.


Pelantikan yang dihadiri Pj Gubernur Kalbar diwakili Asisten Administrasi dan Umum Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat (Asisten III Sekda Provinsi Kalbar) Drs. H. Alfian, MM, yang dilaksanakan Hotel Grand Mahkota Pontianak, pada Selasa 19 Desember 2023.


Pelantikan Kepengurusan GINSI Kalbar 2023-2028 itu juga dihadiri kalangan pelaku usaha yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Kalbar, Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (AFI) Kalbar, Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Kalbar, Indonesia National Shippowners Association (INSA) Kalbar, Indonesia Shipping Agency Association (ISAA) Kalbar, Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTINDO). 


Pj Gubernur Kalbar diwakili Asisten III Sekda Provinsi Kalbar H. Alfian, mengatakan Pemerintah Provinsi Kalbar, sangat mendukung dan mengapresiasi dengan kehadiran BPD GINSI Kalbar, dan bisa ajak untuk berkolaborasi dan bersinergi, dalam upaya pengembangan import di Kalbar. 


"Kita berharap organisasi GINSI ini bisa solid, karena sebuah organisasi sebagaimana disampaikan Ketua Umumm BPP GINSI, perlu ada langkah-langkah konsolidasi yang efektif, sehingga berbagai aktifitas organisasi bisa dilaksanakan terlaksana dengan baik dan aktif," ujarnya.


Alfian menyampaikan yang jelas sebagai Pemerintah Provinsi Kalbar, dengan kehadiran BPD GINSI ini sangat terbantu dengan terkait apa yang ada di Kalbar dan berbagai peluang yang ada bisa dimanfaatkan untuk kepentingan GINSI.


"Mudah-mudahan kehadiran BPD GINSI ini bisa memberikan dukungan terhadap pembangunan di Kalbar, seperti kita di Kalbar memiliki Pelabuhan Internasional Kijing, sehingga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan eksport dan import dengan memperhatikan regulasi-regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah pusat," ujarnya.        


Dalam sambutannya, Ketum BPP GINSI Capt Subandi mengucapkan selamat kepada BPD GINSI Kalbar atas pelantikan  di pengurus yang baru masa bhakti 2023 sampai 2028.


"Semoga  kepengurusan yang baru ini tumbuh semangat yang baru yang penuh dedikasi  dan loyalitas kepada organisasi dan mampu menjadikan GINSI Kalbar  sebagai rumah besar para pelaku usaha importir dan turut serta dalam membangun pertumbuhan perekonomian di Kalbar," ujarnya.


Subandi mengatakan  GINSI adalah sebuah organisasi yang  berdiri sejak tahun 1956 , kala itu masih bernama organisasi pedagang besar.

Karenanya GINSI ini adalah semua organisasi yang lebih dulu dibandingkan induk organisasi yang ada di Indonesia yaitu Kamar Dagang dan Industri.


Kemudian baru tahun 1969 organisasi pedagang besar yang diinisiasi dari hasil Konggres perjuangan Badan Importir Nasional Seluruh Indonesia berganti nama menjadi Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia atau GINSI.


Ia menambahkan GINSI ini telah banyak berkontribusi terhadap kemajuan perekonomian di Indonesia dan juga membantu kegiatan para pelaku usaha importasi yang ada di Indonesia. 


"Saya berharap BPD GINSI Kalbar mengikuti apa yang sering diperjuangkan BPP GINSI yaitu turut serta memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat, bahwa import itu bukanlah sesuatu yang jahat atau dihindari. Akan tetapi justeru memberikan kemajuan," ujarnya.  


Capt Subandi kembali berharap kepada Ketua BPD GINSI Kalbar dan seluruh jajaran pengurus harus berupaya sekuat tenaga menjadi rumah besar bagi para pelaku usaha import terutama dalam melakukan pendampingan, pembinaan serta menjadi jembatan kepentingan, antara kepentingan pengusaha dengan kepentingan masyarakat, kepentingan pengusaha dan kepentingan pemerintah.


"Agar supaya keberadaan GINSI di Kalbar benar-benar dapat memberikan manfaat yang luar biasa kepada para anggota, khususnya juga ikut berpartisipasi dan berperan aktif dalam memajukan pertumbuhan ekonomi daerah di Provinsi Kalbar," harapnya.


Capt Subandi meminta kepada BPD GINSI Kalbar dapat melaksanakan dan menjalankan kegiatan organisasi, berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) serta membuat program yang baik, yang dapat menumbuh kembangkan para pelaku usaha importasi yang ada di Kalbar. 


Sehingga keberadaan GINSI mampu berpartisipasi dan berkontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian dan turut serta dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalbar.


"Saya berharap kepada Ketua BPD GINSI Kalbar beserta pengurus terus berkomunikasi dengan stakeholder yang ada di pelabuhan, KADIN, dengan asosiasi yang sudah ada dan sudah beraktivitas," harapnya.  


Capt Subandi menyebutkan bahwa BPD GINSI sudah memiliki pengurus 13 Provinsi se Indonesia dan Kalimantan merupakan BPD GINSI yang ke 10.  

     

Sementara itu Ketua BPD GINSI Kalbar, H. Syahril Mochtar dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mensuport terselanggaranya acara pelantikan ini.


"Saya selaku Ketua BPD GINSI Kalbar mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, sehingga terlaksana dan terselenggaranya acara 

pelantikan Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia ini," ucapnya.


Syahril Mochtar mengatakan adapun tujuan dari terbentuknya GINSI di Kalbar ini adalah untuk mendorong, mengembangkan dan membina pelaku usaha yang bergerak di bidang importir, perdagangan pada umumnya dan perdagangan luar negeri khususnya. Agar dapat berperan serta dalam pasar global dan bersaing secara sehat di daerah Kalbar," ujarnya.


Syahril juga mengungkapkan sebagai mitra pemerintah, untuk menciptakan usaha yang sehat sehingga dunia usaha dapat berkembang, dalam menunjang pertumbuhan perekonomian Nasional. 


"GINSI sebagai wadah para pengusaha importir sesuai dengan kepentingan anggotanya, dan sebagai sarana komunikasi serta sebagai penyalur aspirasi anggota, dengan pemerintah dan dunia usaha lainnya," katanya. 


Bang Haji panggilan akrab H. Syahril Mochtar ini menambahkan dirinya beserta pengurus akan mengembangkan GINSI Kalbar, sebagai organisasi yang profesional untuk kemajuan Kalimantan Barat.  


“Kami beserta pengurus akan berkomitmen menjadikan GINSI sebagai organisasi atau wadah importir yang lebih profesional di Kalbar,” harapnya.(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini