Wakil Ketua KPK Hadiri Peresmian Pengurus Forum Penyuluh Antikorupsi Di Papua

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (PAPUA) – Dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) di Papua Tahun 2023, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Johanis Tanak ikuti peresmian Pengurus Forum Penyuluh Antikorupsi (PAKSI) Papua periode 2023-2025.

 

Pengurus Forum Penyuluh Antikorupsi (PAKSI) Papua periode 2023-2025 ini guna melebarkan sayap dan energi pemberantasan korupsi, Kegiatan ini berlangsung di Istora Papua Bangkit Papua pada 14 November 2023 lalu.

 

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Johanis Tanak menyambut baik pengukuhan Pengurus Forum Penyuluh Antikorupsi (PAKSI) Papua periode 2023-2025 yang berjumlah 26 orang ini.

 

“Keberadaan PAKSI di daerah merupakan wujud perpanjangan tangan KPK untuk menyebarkan nilai-nilai antikorupsi dan salah satu yang dilakukan adalah mensosialisasikan pemahaman tentang korupsi kepada masyarakat luas. Sehingga masyarakat paham nilai-nilai antikorupsi dan mampu menutup celah perilaku koruptif,” tutur Tanak.

 

Keberadaan penyuluh antikorupsi sendiri merupakan wujud kolaborasi energi pemberantasan korupsi dalam membangun negeri yang maju, makmur, dan lekat dengan budaya antikorupsi.

 

Penyuluh Antikorupsi memiliki peran strategis dalam memberi penerangan dan menggerakkan masyarakat untuk mencegah korupsi dengan mengembangkan budaya antikorupsi, serta memberi manfaat langsung para pemangku kepentingan.

 

Pj. Gubernur Papua M. Ridwan Rumasukun mengatakan forum ini dibentuk sebagai langkah pencegahan tindak pidana korupsi melalui edukasi dan pencegahan. Apalagi PAKSI Papua juga berasal dari kabupaten dan kota dengan melibatkan semua elemen masyarakat.

 

“Forum ini sebagai wadah untuk mengedukasi dan meningkatkan integritas dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Harapan bersama ke depan, Papua bisa terhindar dari tindakan korupsi, kolusi, maupun nepotisme, di semua lini dan sektor,” kata Ridwan.

 

Peringatan Hakordia Papua yang berlangsung pada 14-16 November 2023 ini, melibatkan 11 perwakilan wilayah yang diundang yaitu dari Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Barat Daya. (Sumber : Humas KPK RI).

 

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini