Kader Dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kapuas Hulu Laksanakan Pendidikan Dasar PKPNU

Editor: Redaksi author photo
Kader Dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kapuas Hulu 

KALBARNEWS.CO.ID (KAPUAS HULU) – Sebagai upaya penguatan organisasi dan penguatan kader serta Pengurus Nahdlatul Ulama (NU) di bumi Uncak Kapuas, Pimpinan Cabang Nadhlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan kegiatan Pendidikan Dasar–Pendidikan Kader Penggerak NU (PD-PKPNU).

 

Kegiatan Pendidikan Dasar – Pendidikan Kader Penggerak NU (PD-PKPNU) ini dilaksanakan dari tanggal 27-29 November 2023 dan bertempat di gedung MTs Maarif Putussibau Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

 

Pada acara pembukaan kegiatan Pendidikan Dasar–Pendidikan Kader Penggerak NU (PD-PKPNU) ini turut dihadiri Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, ST, Kapolres, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kapuas Hulu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu, Mad Rais, S.Pd.I serta Tokoh Agama serta Banom dan Pengurus PCNU Kabupaten Kapuas Hulu.

 

Dalam sambutannya Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kapuas Hulu, KH Mohammad Yusuf, S.Ag, mengatakan bahwa kegiatan PD-PKPNU ini dilaksanakan dengan maksud untuk memberikan pendidikan kepada kader-kader NU agar lebih siap dalam berkhidmad kepada organisasi, bangsa dan Agama sesuai dengan Paham Ahlussunah Wal Jamaah serta ideologi Pancasila.

 

KH Mohammad Yusuf, S.Ag menyampaikan harapan, dari kegiatan ini ada transfer ilmu dari Instruktur yang ditugaskan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kepada kader-kader yang ada di cabang agar lebih kompeten dalam menggerakan organisasi NU di  tengah kemajemukan masyarakat yang beragam serta mampu mendampingi pemerintah Kapuas Hulu dalam menjaga suasana harmonis yang selama ini telah terjalin.

 

“Kami berharap dengan adanya kegiatan PD-PKPNU ini, para calon Kader Penggerak dapat membawa Nahdlatul Ulama semakin membumi dan memiliki kontribusi besar dalam berkhidmad dan membawa kedamaian di tengah-tengah ummat,” Ucap KH Mohammad Yusuf, S.Ag.

 

Sementara itu Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, ST dalam sambutannya  menyampaikan dukungannya akan kegiatan ini agar dapat terselenggara dengan baik dan lancar sehingga menghadirkan kader-kader penggerak NU yang lebih terdidik secara karakter dan ideologi serta mampu membawa kebaikan bagi ummat.

 

“Kami Pemerintah Daerah tentu mempunyai peran sebagai Pembina dari organisasi-organisasi yang ada di Kapuas Hulu dan Nahdlatul Ulama (NU) menjadi salah satu organisasi yang ada disini juga tentunya menjadi salah satu bagian dari tanggungjawab kami untuk memberikan dukungan,” ungkapnya.

 

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, ST juga menyampaikan apresiasinya terhadap peran Nahdlatul Ulama (NU) serta Banom-banomnya dalam upaya ikut serta dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu.

 

“Apalagi peran NU sangat terasa sekali dampaknya, khususnya pada saat Pandemi Covid-19 melanda. NU bersama Banom-banomnya, khususnya Ansor turut membantu Pemerintah Kapuas Hulu dalam mewujudkan capaian Vaksinasi yang cukup memuaskan sehingga kami Pemda Kapuas Hulu cukup berterima kasih atas bantuan NU dan Banom,” imbuhnya.

 

Hal senada disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kapuas Hulu, Mad Rais, S.Pd.I, Ia mengatakan dengan dilaksanakannya kegiatan Pendidikan Dasar–Pendidikan Kader Penggerak NU (PD-PKPNU) akan menciptakan kader-kader NU agar lebih siap dalam berkhidmad kepada organisasi Nahdlatul Ulama (NU).

 

“Peran NU dalam mewujudkan moderasi di tengah masyarakat Kapuas Hulu ini sangat penting, apalagi secara kedinasan Ketua Tanfidziyah NU sendiri merupakan Kepala Seksi Bina Masyarakat Islam sehingga layak kiranya agar kader-kader NU dapat lebih aktif lagi bersama Pemerintah dalam mewujudkannya,” pungkas Mad Rais. (Arman Santz/tim liputan).

 

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini