Co-Branding Wonderful Indonesia 11.11 Flash Sale
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi
Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) melalui Deputi Bidang Pemasaran melalui
program Co-Branding akan mengadakan Co-Branding Wonderful
Indonesia 11.11 Flash Sale. Sebagai rangkaian
acara dari Wonderful Indonesia Co-Branding Award (WICA) yang akan diselenggarakan di akhir tahun
nanti. Ajang ini merupakan malam penghargaan bagi insan Jenama yang
sudah secara resmi menjadi bagian dari mitra co-branding dan secara aktif
berpartisipasi dalam mendukung program pemasaran dari institusi pemerintah yang
menaungi industri pariwisata dan ekonomi kreatif. (9 November 2023).
Program kemitraan yang sudah berjalan sejak tahun 2017 ini
sudah menghasilkan banyak produk maupun aktivasi bersama, baik bilateral maupun
multilateral. Sepanjang tahun 2023, program Co-branding Wonderful Indonesia
telah melakukan berbagai kerjasama mulai dari dari co-campaign,
co-activation, sampai design innovation dengan para
mitra industri.
Salah
satu kerjasama multirateral terjadi pada awal 2023 saat Ashley Hotel dan
Element Bike mengadakan kegiatan gowes bareng car free day di
seputaran Jl Thamrin, Jakarta. Sementara itu, beberapa mitra yang sudah
lama bergabung juga aktif mendukung program co-activation bersama
Wonderful Indonesia melalui aktivasi daring adalah Ancol, Ashley Hotel, Element
Bike, Finna, Grab Indonesia, SweetEscape, Trac, Wdank, White Horse, dan lainnya
pada musim liburan Juli lalu.
Design Innovation dilakukan oleh KitKat yang kembali
menyelenggarakan design competition #Breakreasi untuk kemasan
produk mereka. Program ini dilakukan kedua kalinya setelah menuai kesuksesan
tahun lalu. Silverqueen pada bulan Agustus yang lalu juga meluncurkan kampanye
"Ini Indonesiaku". Aktivasi dari sisi pengembangan produk yang
bersifat menyeluruh.
Selain design competition, program lain juga dilakukan oleh beberapa mitra yang secara resmi baru bergabung tahun ini, tetapi cukup akseleratif diaplikasikan oleh The Palace Jewelry, Hatten Bali dan Green School Foundation. Kolaborasi kemitraan co-branding Wonderful Indonesia ini juga menyambut kedatangan beberapa mitra baru seperti Pipiltin, Bintang Toedjoe, Atlas Beach Fest, Saung Angklung Mang Udjo, dan Pala Nusantara. Kemitraan co-branding ini merupakan manifestasi dari salah satu kata kunci yang sering digaungkan oleh Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif, yaitu kolaborasi.
Kemenparekraf sadar bahwa dalam pengembangan dan menggerakan roda
perekonomian dalam industri pariwisata dan ekraf, dibutuhkan partisipasi dari
seluruh pemangku kepentingan, mulai dari institusi pemerintah, akademisi,
media, pelaku bisnis, sampai komunitas. Menurut Ni Made Ayu Marthini, Deputi
Bidang Pemasaran, "Untuk Jenama yang memiliki semangat kolaborasi
sama, kami masih sangat terbuka untuk bekerja sama, jika memang satu visi dan
memenuhi kriteria kurasi kami, kami akan dengan semangat menyambut inisiatif
para calon mitra."
Co-Branding Wonderful Indonesia 11.11 flash Sale, melibatkan 14 Jenama
mitra Co-Branding Wonderful Indonesia sebagai berikut:
1.
Sea Safari
2.
Trac
3.
Kinderkloud
4.
Silverqueen
5.
Whitehorse
6.
Finna
7.
SweetEscape
8.
Parador Hotel
9.
Grab Indonesia
10. The
Palace
11. Bakmi
Naga
12. Hattens
Bali
13. Café
Batavia
14. Bintang
Toedjoe/Bejo
(Tim Liputan)
Editor ; Aan