KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) -- Sektor pertanian memiliki peran yang sangat
krusial dalam ketahanan pangan, penyerapan tenaga kerja hingga perekonomian
Indonesia. Mengutip Kementerian Pertanian Republik Indonesia, sektor pertanian
tahun 2020 dalam kondisi pandemic Covid-19 masih mampu mempertahankan
pertumbuhan yang positif, laju pertumbuhan PDB sektor pertanian secara luas
meningkat sebesar 1,77% dan tahun 2021 sebesar 1,84%. (21 September 2023)Jelang Hari Tani Nasional 2023, Tokopedia Ungkap Kisah UMKM Tanah Air Tingkatkan Kesejahteraan Petani
“Sektor pertanian menjadi
tumpuan signifikan dalam pemulihan ekonomi nasional pascapandemi. Kolaborasi
seluruh pihak sangat dibutuhkan untuk makin mengoptimalkan peran petani dan mendorong
kemajuan industri pertanian dalam negeri,” ucap Category Development Senior
Lead Tokopedia, Revie Jefta Akhwilla.
Revie mengatakan contoh lain manifestasi Hyperlocal adalah Tokopedia NYAM!, kampanye yang berisi produk makanan dan minuman dari para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM. Menyambut Hari Tani Nasional, Tokopedia NYAM! mengadakan Tokopedia Coffee Week untuk memberikan panggung lebih bagi pelaku usaha kopi yang juga memberdayakan petani lokal.
Penjualan produk petani lokal naik berkali lipat di Tokopedia Berkat Hyperlocal Tokopedia, tren belanja online produk yang dihasilkan petani lokal mengalami kenaikan. “Di Tokopedia, sepanjang kuartal III 2023, penjualan produk tanaman, termasuk tanaman hias, bibit tanaman dan sejenisnya, naik lebih dari 1,5 kali lipat jika dibandingkan dengan kuartal III 2022,” ungkap Revie. (Sumber: Tokopedia, data 1 Juli-12 September 2023 dibandingkan 1 Juli-12 September 2022).
Berbagai jenis buah yang dihasilkan petani juga laris manis di Tokopedia.
“Penjualan buah manga harum manis–salah satu mangga populer yang berasal dari Probolinggo, Jawa Timur–meningkat hampir 3,5 kali lipat selama kuartal III 2023 dibanding kuartal III 2022,” kata Revie.
Revie menjelaskan sedangkan jumlah transaksi
buah salak pondoh, yang kaya serat, karbohidrat, zat besi, vitamin A dan C,
melonjak hampir 4 kali lipat. Di sisi lain, pisang cavendish atau pisang ambon
putih mengalami kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat.
Berbagai jenis sayur pun mengalami kenaikan transaksi yang signifikan.
“Misalnya, penjualan pare meningkat hampir 4 kali lipat selama kuartal III 2023 dibandingkan kuartal III 2022. Transaksi ubi ungu manis naik hampir 7 kali lipat. Sedangkan penjualan sayur selada iceberg, yang kaya akan kandungan vitamin A dan C, melonjak hampir 7,5 kali lipat,” kata Revie.
Revie nenambahkan berbagai komoditas yang
dihasilkan petani lokal, seperti biji kopi dan madu, pun sangat diburu masyarakat
lewat Tokopedia. Hal ini tampak pada penjualan biji kopi Indonesia yang
mengalami kenaikan lebih dari 2 kali lipat selama kuartal III 2023 dibanding
kuartal III 2022. Sedangkan jumlah transaksi madu asal Kalimantan naik lebih
4,5 kali lipat.
Selain tren belanja online masyarakat akan produk yang berkaitan dengan sektor pertanian, Tokopedia pun membagikan kisah inspiratif pelaku usaha Pupuk Dinosaurus dan Sakha Coffee Roastery, yang memperjuangkan kesejahteraan petani Indonesia lewat berjualan online di Tokopedia.
Pupuk Dinosaurus tingkatkan kesejahteraan ratusan petani lewat pupuk organic Berawal dari kepedulian terhadap petani di Nusa Tenggara Timur (NTT), Freddy Wijaya mendirikan usaha Pupuk Dinosaurus pada tahun 2017.
Mereka memproduksi pupuk organik untuk
meningkatkan produktivitas lahan sehingga pendapatan petani ikut melonjak.
Freddy menyadari bahwa sektor
pertanian di Indonesia menghadapi banyak tantangan.
“Salah satunya, mengubah mindset dan budaya
petani Indonesia untuk kembali ke pertanian yang lebih sehat atau memakai bahan
alami yang ramah lingkungan. Pertanian sehat bisa membuat lahan makin subur.
Hasil panen dan pendapatan petani pun bisa meningkat,” ujar Freddy.
Pupuk Dinosaurus terus
berupaya memberdayakan petani melalui pelatihan dan pendampingan.
“Kami mengadakan demonstrasi agar petani bisa melihat dan mempraktikkan cara menggunakan teknologi budidaya hingga pemupukan agar produktivitas lahan naik,” jelas Freddy. Lewat bisnis ini, Freddy berhasil memberdayakan ratusan petani dari berbagai wilayah di Indonesia.
Pupuk Dinosaurus pun
memanfaatkan Dilayani Tokopedia agar produknya dapat diakses petani di seluruh
wilayah di Indonesia dengan mudah.
“Penjualan Pupuk Dinosaurus
di Tokopedia terus melesat. Bahkan berkat Dilayani Tokopedia, produk Pupuk
Dinosaurus bisa dijangkau para masyarakat, termasuk petani, dari Aceh hingga
Kupang,” ujar Freddy.
Sakha Coffee Roastery gandeng petani kopi lokal dan raih omzet ratusan juta Sakha Coffee Roastery dibangun oleh Teuku Andi pada tahun 2017 untuk mewujudkan keinginan dalam mendirikan roastery sendiri sekaligus memberdayakan sejumlah petani kopi di Indonesia, mulai dari Aceh, Jambi, Palembang, Bandung, Temanggung, Bali hingga Flores.
Saat pandemi melanda di awal tahun 2020, Sakha Coffee Roastery pun memutuskan untuk berjualan produk biji kopi secara online di Tokopedia agar bisa tetap membantu petani kopi Indonesia mempertahankan pekerjaan. Sakha Coffee Roastery juga mengikuti berbagai kampanye di Tokopedia, termasuk Tokopedia NYAM!, agar kopi Indonesia bisa terus dijangkau masyarakat.
“Saat ini, mayoritas penjualan Sakha Coffee Roastery berasal dari Tokopedia. Transaksi toko Sakha Coffee di Tokopedia naik lebih dari 1,5 kali lipat selama kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022 dan omzet kami bisa mencapai ratusan juta setiap bulan lewat Tokopedia. Bahkan Sakha Coffee Roastery memenangkan nominasi ‘Kopi Bubuk Terbaik’ di ajang Terbukti NYAM! 2023,” kata Teuku.
Sakha Coffee Roastery juga mengikuti kampanye Tokopedia Coffee Week. Ada berbagai promo menarik yang bisa membuat belanja kopi makin hemat, salah satunya flash sale mulai dari Rp10.000 hingga diskon sampai 50%. (Tim liputan)
Editor : Aan