Direktur PKHL Kementerian LHK Memuji Gerak Cepat Dalam Penanganan Karhutla di Kalbar

Editor: Redaksi author photo

 Direktur PKHL Kementerian LHK Thomas Nifinluri 
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) Kementrian LHK, Thomas Nifinluri sampaikan apresiasi kepada para pimpinan dalam melakukan antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalbar.


"Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pimpinan karena membentuk kolaborasi, sinergitas yang sudah dibangun keterpaduan dan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi karhutla," katanya kepada wartawan berlangsung di Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kalbar, Selasa (22/08/2023)


Ia juga mengatakan, Provinsi Kalbar juga menjadi salah satu Provinsi yang sudah menetapkan status darurat bencana kekeringan dan juga karhutla.


"Karena itu keterpaduan yang sudah ditunjukan baik satgas pemadaman darat dan udara, baik dari Provinsi maupun Kabupaten/kota ini menunjukan langkah-langkah yang signifikan," katanya.


Lebih lanjut, ia juga mengatakan langkah tersebut bisa dilihat dari pantauan indeks pencemaran udara yang dikatakannya saat ini sudah semakin membaik.


"Langkah-langkah pemadaman darat sudah dilakukan saat ini dan terus berlanjut pula upaya pendinginan dibeberapa titik di Kalbar," jelasnya.


Selain itu, Thomas juga menyampaikan terus melakukan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat untuk bersama turut serta dalam melakukan pencegahan Karhutla.


"Penyuluhan ini menjadi sangat penting dan terus kita dilakukan," ungkapnya.


Di sisi lain, ia menjelaskan sejak tahun 2015 pihaknya sudah menerapkan paradigma pencegahan dan upaya-upaya.


Adapun pada tanggal 24 Agustus 2023 juga direncanakan akan launching penggunaan teknologi modifikasi cuaca.


"Mudah-mudahan dengan ini dapat menambah atau memberikan efek positif terhadap cuaca dengan terjadinya hujan," harapnya. (Syl)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini