Bang Din: Pers Punya Andil Besar Langsungkan Pemilu Demokratis

Editor: Redaksi author photo
Syafaruddin DaEng Usman
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Kalimantan Barat  Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP RI) Syafaruddin DaEng Usman mengungkapkan peran media massa jauh lebih besar dari sekedar mengawal proses demokrasi di Indonesia, tak terkecuali di Kalimantan Barat. 

"Media massa menjadi salah satu kunci kesuksesan Pemilu dengan turut serta membangun dan meningkatkan kesadaran politik masyarakat sekaligus sebagai kontrol sosial", ujarnya kemarin. 

“Media berperan penting dalam membangun dan menentukan persepsi publik. Persepsi publik ini akan terbangun sebagaimana media membangunnya,” tegas Bang Din sapaan dosen Sejarah Sosial Politik Indonesia itu. 

Dalam konteks pelaksanaan Pemilu serentak 2024 di Indonesia, dia menyebut kondusif atau tidaknya pesta demokrasi 2024 nanti sejatinya berada di tangan media massa. 

“Karena itu penting untuk membangun situasi kondusif, tanpa mengurangi kemerdekaan berpikir dan berpendapat rekan-rekan media massa,” paparnya. 

Menurut dia, media (pers) seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Sehingga media massa memiliki kewajiban moral untuk bisa menjaga keberlangsungan Pemilu serentak 2024 menuju ke arah yang lebih baik. 

“Perlu diingat, pers bisa hidup hingga sekarang karena demokrasi,” tegas Bang Din yang juga berlatar jurnalis di Kalbar itu. (tim liputan*). 

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini