Tamu asal Lebih dari 12 Negara akan Hadiri CCI-FS yang Segera Berlangsung

Editor: Redaksi author photo

Tamu asal Lebih dari 12 Negara akan Hadiri CCI-FS yang Segera Berlangsung
KALBARNEWS.CO.ID (CHONGQING)  - China-Singapore (Chongqing) Connectivity Initiative Financial Summit (CCI-FS) Kelima segera digelar secara serentak di Chongqing, Tiongkok, dan Singapura pada 20 dan 21 April. Rabu (19 April 2023).

Dengan tema "Charting a New Path for Financial Centre Development, Creating New Impetus for Financial Opening-up" (Menemukan Jalur Baru untuk Membangun Pusat Keuangan, Membawa Angin Segar dalam Kebijakan Pintu Terbuka di Sektor Keuangan), CCI-FS tahun ini menyatukan perencanaan strategis, riset visioner, kerja sama terbaik, serta memperlihatkan hasil positif. Lokasi utama acara ini adalah Intercontinental Chongqing Raffles City di Distrik Yuzhong, Chongqing.


Tahun ini, CCI-FS untuk pertama kalinya melansir Sichuan sebagai provinsi yang menjadi tamu kehormatan. Selain itu, untuk pertama kalinya pula, CCI-FS mengundang Konsul Jenderal negara-negara RCEP di Chongqing, Chengdu, dan Kunming, serta anggota "13+2" dari kalangan pemerintah dan pelaku pasar. "13+2" adalah mekanisme konsultasi dan kerja sama lintasprovinsi dalam naungan New International Land-Sea Trade Corridor (ILSTC). Dengan demikian, langkah tersebut semakin memperluas jalinan persahabatan dan pengaruh global CCI-FS.


Hingga kini, 52 tamu asing yang berasal dari sekitar 12 negara telah memastikan kehadirannya di CCI-FS. Ke-52 tamu ini termasuk di antara 177 tamu penting yang diundang. Mereka terdiri atas Menteri Komunikasi dan Informasi, Menteri Dalam Negeri Kedua Singapura, Managing Director, Monetary Authority of Singapore, serta kepala organisasi keuangan internasional, kepala bank sentral negara-negara ASEAN, serta pejabat lain dari lembaga keuangan di luar negeri.


Menggelar 12 acara utama dan sembilan acara khusus, CCI-FS tahun ini mengangkat agenda yang sejalan dengan topik hangat di industri, serta bidang-bidang penting, seperti interkoneksi finansial, inovasi teknologi finansial, green finance, serta kerja sama di sektor pasar modal.


CCI-FS juga akan mengulas peluang strategis baru untuk membangun Western Financial Center, Tiongkok, serta penerapan RCEP, menjajaki kerja sama bermutu tinggi di sektor keuangan antara Tiongkok dan Singapura, serta menggencarkan perkembangan industri keuangan Tiongkok-ASEAN berdasarkan mekanisme kerja sama pembangunan ILSTC.


Lebih lagi, CCI-FS akan memfasilitasi peresmian proyek penting, menitikberatkan kerja sama finansial antara Tiongkok-Singapura, serta pembangunan Western Financial Center dan Financial Service Innovation.


Misalnya, sejumlah proyek akan bergerak di bidang-bidang penting, seperti investasi dan pembiayaan lintaswilayah, pembayaran dan settlement lintaswilayah, serta teknologi finansial antara Tiongkok dan Singapura. Sederet proyek ini akan meningkatkan model pendanaan Tiongkok-Singapura, serta memperbarui kapasitas suplai finansial dalam format perdagangan baru.(Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini