Silahturahmi Bersama PMP Dan Tokoh Lintas Etnis, Kapolda Kalbar Ajak Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu

Editor: Redaksi author photo
Kapolda Kalbar, Irjen Pol Pipit Rismanto Silahturahmi Bersama PMP Dan Tokoh Lintas Etnis 
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Kapolda Kalbar, Irjen Pol Pipit Rismanto ajak semua elemen masyarakat menjaga situasi kondusif yang selama ini telah terjaga dengan baik di Kalimantan Barat, Hal tersebut disampaikannya pada saat acara Silahturahmi bersama Perkumpulan Merah Putih (PMP) dan Tokoh Lintas Etnis Se-Kalimantan Barat di Ballroom Hotel Ibis Pontianak pada hari Jumat malam (14 April 2023).

Irjen Pol Pipit Rismanto menyebut menjelang pemilihan umum 2024 mendatang, tidak hanya Komisi Pemilihan Umum (KPU) saja yang bersiap siaga namun keamanan dan ketertiban masyarakat saat pemilu mendatang juga harus terjaga agar tidak memecah belah silaturahmi yang selama ini telah terjalin dengan baik.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto meminta semua pihak tetap menjaga kondusifitas Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dan tidak mudah terpecah belah, terlebih tahun politik menjadi ajang yang panas, bahkan kawan pun bisa menjadi lawan, jika ada kesalahpahaman, dan dikhawatirkan dapat menimbulkan permasalahan lain.

“Silaturahmi antar tokoh adat dan suku ini baik, agar mengedukasi masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi,” kata Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto saat ditemui usai Silaturahmi Kapolda Kalbar dan Perkumpulan Merah Putih Jumat (14/04/2023) malam.

Irjen Pol Pipit Rismanto  menuturkan jika pihaknya tidak bisa bergerak sendiri, dengan adanya pertemuan Bersama tokoh adat tentu dapat meringankan beban dalam mengedukasi masyarakat pentingnya menyaring hal-hal yang tidak benar yang dapat berujung pada konflik. 

“Terkait daerah rawan, Polda Kalbar mengakui sudah melakukan pemetaaan di sejumlah wilayah di Kalimantan Barat, kesiapan personil kepolisian pun tentu disiagakan guna menghindari hal-hal yang mungkin bisa terjadi akibat kesalahpahaman,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Perkumpulan Merah Putih (PMP) Provinsi Kalimantan Barat menyambut baik penyampaian Kapolda Kalbar itu untuk menjaga kondusifitas jelang Pemilu mendatang, terlebih PMP dan Polda Kalbar telah menjalin Kerjasama dengan baik.

“Saya berkomitmen siap bersinergi bersama Kapolda, 24 jam siap dihubungi jika diperlukan untuk kepentingan kamtibmas,” tuturnya.

Sebagai Ketua PMP Kalbar, Sukiryanto mendukung Komitmen Kapolda Kalbar dalam menciptakan Kondusifitas daerah, menjaga persatuan dan kesatuan, toleransi antar Etnis, Agama, terlebih saat ini salah satu daerah di Kalbar yaitu Kota Singkawang telah ditetapkan kota paling Toleran Se-Indonesia.

Sukir pun berpesan kepada Anggota Perkumpulan Merah Putih yang terdiri dari berbagai suku, untuk turut memberikan pemahaman yang menyejukan kepada masyarakat jika dikemudian hari ada sesuatu yang berpotensi memantik perpecahan dan merusak kondusifitas Keamanan dan ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini