Polres Kubu Raya Gelar Apel Pasukan Operasi Terpusat Ketupat Kapuas Tahun 2023

Editor: Redaksi author photo

 Polres Kubu Raya Gelar Apel Pasukan Operasi Terpusat Ketupat Kapuas Tahun 2023
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Kubu Raya, Polda Kalbar- Apel Gelar Pasukan Operasi Terpusat Ketupat Kapuas Tahun 2023 digelar oleh Polres Kubu Raya di halaman Apel Polres Kubu Raya  jam 08.00 WIB. Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolres Kubu Raya dan Sekda Kabupaten Kubu Raya Senin (17 April 2023).

Dalam amatnya Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat, S.H., S.I.K., mengatakan tujuan dari Apel Gelar Pasukan Operasi Terpusat Ketupat Kapuas Tahun 2023 adalah untuk mengecek kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023 dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H. 

"Tingkatkan himbauan kepada masyarakat agar memilih waktu perjalanan pada siang hari guna mengurai kepadatan volume kendaraan. Selain itu, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok seperti beras, daging, dan ketersediaan Bapokting juga harus tetap terjaga," tuturnya

Kapolres mengatakan ada beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan di antaranya adalah laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, terapkan buddy system dan pedomani SOP, pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras, dan fasilitas penunjang lainnya, perkuat sinergitas dan soliditas antara petugas pengamanan dan stakeholder terkait, dan pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat.

"Demi kelancaran arus mudik dan balik maka dilakukan pembatasan operasional angkutan barang, terdapat klasifikasi angkutan yang masih diizinkan beroperasi, seperti kendaraan pengangkut BBM, hantaran uang, hewan ternak, pupuk dan bapokting. Pastikan kendaraan-kendaraan tersebut dilengkapi surat muatan yang ditempelkan pada kaca kendaraan sebelah kiri, sehingga mempermudah proses pemeriksaan," kata AKBP Arief Hidayat dalam amanatnya. 

Kapolres menambahkan Apabila masih ditemukan kendaraan angkutan barang yang masih beroperasi di luar ketentuan, maka segera lakukan penindakan.

Bapak Kapolri memerintahkan agar meningkatkan koordinasi antara Satgas Pangan dan stakeholder terkait, sehingga tidak terjadi kelangkaan maupun kenaikan harga Bapokting selarña perayaan hari raya idul Fitri 1444 H.

"Sebagai wujud nyata, Pemerintah Pusat Kementerian/ Lembaga dan juga Pemerintah Daerah, serta TNI-Polri telah menyelenggarakan program Bantuan Kemanusiaan Untuk Negeri ke seluruh Indonesia, khususnyą kepada masyarakat kurang mampu di daerah yang mengalami kenaikan harga maupun kekurangan stok Bapokting. Oleh karena itu, terdapat beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan yaitu sebagai berikut, " ujarnya.

Pertama, laksanakan tugas dengan sungguh- sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam Operasi Ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan, sekaligus ladang amal ibadah bagi kita semua.

Kedua, kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan "Presisi" sebagaimana harapan masyarakat,

Ketiga, pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu, sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas secara optimal.

Keempat, berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik, sehingga kta mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga kepulangan, agar masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu sanak saudara dan bisa kembali dengan selamat.

Kelima, pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat. Lakukan penguatan komunikasi publik, baik menggunakan media TV-Radio nasional maupun lokal, serta media streaming Polri TV-Radio melibatkan toga, tomas, influencer dan public figure.

Keenam, perkuat sinergitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2023.

Peserta apel gelar pasukah hadirin, dan tamu undangan yang berbahagia, sebelum mengakhiri amanat ini, tentunya saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya, maupun seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Ketupat 2023, tutup Kapolres.

Selanjutnya Sekda Kabupaten Kubu Raya, Yusran Anizam, S.Sos.,M.Si. mengungkapkan, " Saya berharap Operasi Ketupat 2023 mudah-mudahan dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan didiskusikan bersama beberapa waktu yang lalu, ungkapnya

"Kemudian saya berharap kita semua tetap bisa mencermati, mengimplementasikan apa yang diamanahkan Pak Kapolri tadi, saya yakin kita bisa mempertahankan bagaimana kinerja Operasi Ketupat ini, seperti tahun lalu 78 % lebih apresiasi masyarakat terkait operasi ketupat yang sudah dilakukan di tahun 2022,"terangnya

Saya optimis, saya yakin kita semua satgas dari berbagai elemen ini bisa menyelenggarakan, melaksanakan, tetap mempertahankan dedikasi, kinerja, pengabdian terbaik, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam rangkaian kegiatan Idul Fitri 1444 H ini, tetap bisa melaksanakan, bersinergi, kepong bakol bersama semua elemen masyarakat, semua stakeholder, semua komponen modal sosial yang ada di Kabupaten Kubu Raya yang selama ini dikenal sangat kondusif, sangat positif, kiranya permasalahan-permasalahan kecil kiranya bisa teratasi dengan sebaik-baiknya.

"Sekali lagi saya harapkan dedikasi, pengabdian dan kinerja kita semua bisa Terlaksana dengan sebaik-baiknya, saya juga menyampaikan salam dari Bapak Bupati, selamat melaksanakan tugas," tutupnya

Operasi Terpusat Ketupat Kapuas Tahun 2023 akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 19 April sampai dengan tanggal 02 Mei 2023 di wilayah hukum Polres Kubu Raya. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini