Pastikan Mudik Aman, BNN Lakukan Tes Urine Kepada Sopir Bus Akap Di Terminal

Editor: Redaksi author photo
Kepala Biro Humas dan Protokol BNN RI, Sulistyo Pudjo Hartono, S.I.K., M.Si.,
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Jelang mudik lebaran 2023, Badan Narkotoka Nasional (BNN) melakukan tes urine kepada para awak angkutan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, pada Selasa (18 April 2023). 

Hal ini rutin dilakukan oleh Badan Narkotoka Nasional (BNN) setiap tahunnya untuk memastikan kondisi sopir bus dalam keadaan sehat tanpa pengaruh narkoba. 

Proses pemeriksaan deteksi narkoba diawali dengan mengisi data diri, mengambil pot urine dan melakukan proses pengambilan urine yang diawasi ketat oleh petugas BNN. Kemudian menyerahkan kembali pot yang telah terisi urine untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan oleh tim BNN. 

Kepala Biro Humas dan Protokol BNN RI, Sulistyo Pudjo Hartono, S.I.K., M.Si., mengatakan bahwa kegiatan tes urine ini merupakan operasi gabungan dari BNN, Polri, Dinas Perhubungan, Pramuka dan Sentra Komunikasi Mitra Polri (Senkom) dalam rangka pengamanan ramadan dan idul fitri. 

Tujuan pemeriksaan tes urine untuk deteksi narkoba dan kesehatan para awak angkutan, apakah sopir bus tersebut layak jalan atau tidak.

Pemeriksaan juga dilakukan di sejumlah terminal di Jakarta, antara lain: Terminal Tanjung Priok, Terminal Kalideres dan Terminal Bayangan Lebak Bulus. 

"Pemeriksaan tes urine kepada sopir maupun pengganti sopir bus AKAP yang berasal dari Terminal Kampung Rambutan diharapkan mampu mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan sehingga penumpang bisa selamat sampai tujuan", ujar Sulistyo Pudjo Hartono. 

Sebanyak 27 awak angkutan menjalani pemeriksaan tes urine. Hasilnya 1 orang terdeteksi positif menggunakan narkoba jenis ganja. 

"Bagi sopir yang terdeteksi narkoba maka tidak diperbolehkan mengoperasikan bus sampai digantikan dengan sopir yang baru dan akan dilakukan pelacakan terhadap narkoba yang dipakai", imbuh Sulistyo Pudjo Hartono. 

Selain tes urine, BNN juga menghadirkan tim anjing pelacak (K-9) untuk memeriksa barang bawaan pemudik. 

Adapun fasilitas kesehatan lainnya bagi awak angkutan, yaitu tes kesehatan berupa pemeriksaan tekanan darah dan pengecekan kadar gula darah untuk mengetahui kondisi kesehatan yang tersedia di Terminal Kampung Rambutan bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Makasar. 

BNN berharap, dengan adanya kegiatan ini para awak angkutan lebaran yang sedang bertugas berada dalam kondisi sehat tanpa pengaruh narkoba sehingga bisa melayani perjalanan para pemudik selamat sampai tujuan. (Sumber : Biro Humas dan Protokol BNN RI).

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini