Operasikan Kembali PKPTK, Langkah Strategis Pemprov Penuhi Kebutuhan Pasar Akan Tenaga Kerja

Editor: Redaksi author photo

 Operasikan Kembali PKPTK, Langkah Strategis Pemprov Penuhi Kebutuhan Pasar Akan Tenaga Kerja
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji S.H.,  M. Hum.,  Resmikan Workshop Mekanik dan Pembukaan Pelatihan Operator Alat Berat dan Dump Truck, di UPT. (Pusat Kegiatan Pelatihan Tenaga Kerja (PKPTK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalbar, Senin (10 April 2023). Pelatihan Operator Alat Berat dan Dump Truck ini terselenggara atas kerjasama antara pihak Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dengan pihak BUMN yaitu PT. Antam Tbk.

“Kegiatan ini dalam rangka peningkatan up skilling bagi pekerja yang ada dan sedang bekerja. Re skilling bagi tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan, serta Skilling bagi angkatan kerja yang baru lulus. Mudah-mudahan semua peserta yang hadir bisa mengikuti pelatihan ini sampai tuntas,” ujarnya.

Selain itu, Gubernur Sutarmidji juga memberikan motivasi kepada para peserta dengan memberikan 4 kunci sukses dalam segala hal pekerjaan.

“Dalam pekerjaan kita harus memiliki prinsip-prinsip yang harus kita teladani yaitu, pertama, kita harus jujur, kedua disiplin, ketiga dukungan orang terdekat dan keempat yaitu kemampuan atau skill. Jika memegang prinsip ini Insyaallah kita akan sukses,” tegasnya.

Dirinya tak lupa mengucapkan apresiasi kepada pihak PT. Antam Tbk, yang telah membantu Pemerintah Provinsi Kalbar dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dalam hal peningkatan kemampuan keterampilan bagi para pekerja dengan mengikuti sertifikasi ini.

“BLK ini awalnya hampir tidak bisa difungsikan, lalu kita minta CSR PT.Antam Tbk, bersama-sama membantu renovasinya dan membuat ruang kelas yang lebih modern yang terdiri dari 16 kursi di Workshop dan ruang latihan lainnya. Tak hanya Workshop Mekanik saja, Workshop Otomotif kita juga kita minta bantu dengan PT. WHW dalam bentuk CSR. Terima Kasih kepada PT. Antam Tbk, nanti kita buat logo bahwa renovasi Workshop ini dari PT. Antam Tbk,” ujarnya.

Dengan adanya Gedung Sertifikasi yang dimiliki UPT. PKPTK Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalbar untuk memenuhi kebutuhan lapangan kerja yang diminta oleh pasar industri yang ada di kalbar. 

Berdasarkan data jumlah angkatan kerja yang mencapai angka 2.695.200 orang, Pemerintah Provinsi Kalbar memberikan perhatian terhadap upaya peningkatan  sarana dan prasarana Pelatihan serta Infrastruktur Sertifikasi  dalam upaya peningkatan SDM dan Produktivitas Perusahaan kedepan baik perusahaan swasta maupun perusahaan BUMN  dapat memaksimalkan penggunaan Gedung Pusat Sertifikasi.

“Gedung Sertifikasi ini telah terkoneksi secara nasional untuk melakukan lebih dari 50 jenis sertifikasi baik yang dikeluarkan oleh BNSP maupun bKementerian Ketenagakerjaan. Ini sebagai sarana dan bprasarana mendukung skill anak-anak muda kita, agar memiliki daya saing dengan anak-anak muda dari daerah lainnya,” pungkasnya.(BP)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini