Gubernur Peringatkan Untuk Tak Timbun Sembako Jelang Idul Fitri

Editor: Redaksi author photo

Gubernur Peringatkan Untuk Tak Timbun Sembako Jelang Idul Fitri
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Sebanyak 50 orang menerima 10 kg beras secara simbolis dari Badan Pangan Nasional melalui Bulog Kalbar dan diserahkan oleh Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., sekaligus melepas penyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan Tahun 2023 di Kantor Camat Pontianak Selatan, Rabu (5 April 2023).

Gubernur menyebut, bantuan tersebut merupakan program pemerintah dalam memberikan bantuan selama 3 (tiga) bulan untuk masyarakat yang datanya sudah terkumpul ke Badan Pangan Nasional (Bapanas).

"Jadi penerima ini datanya bukan dari Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kota tetapi melainkan yang mendata dari pusat (Bapanas). Untuk Kalbar sendiri berjumlah 3.600 ton beras yang akan didistribusikan selama 3 (tiga) bulan kedepan," ucap Gubernur.

Dirinya berharap hal ini dapat sedikit meringankan dan  mengurangi beban masyarakat juga untuk mengendalikan harga beras agar tidak terjadi kenaikan yang cukup tinggi.

"Bulog juga menjual beras dengan paling tinggi di harga Rp 9.950, sedangkan Provinsi juga menjual di beberapa pasar yg menjadi acuan untuk perhitungan inflasi. Sementara kita jual Rp 9.500 perkiraan nanti bisa di harga Rp 10.000 untuk menekan harga beras di pasar agar tidak terlalu tinggi, kalau tinggi saya akan lakukan operasi pasar lagi," jelas Bang Midji.

Gubernur menegaskan kepada para distributor untuk tidak mencoba-coba menimbun bahan pangan dimana sekarang ini. Karena dirinya sudah berkoordinasi kepada Satgas Pangan Polda Kalbar untuk terus melakukan pengawasan terhadap semua jenis pangan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Jangan coba-coba untuk menyimpan stok spekulasi, saya sudah minta Polda Satgas Pangan untuk  melakukan pengawasan. Lebaran ini saya yakinkan masyarakat, bahwa beras itu tersedia, gula tersedia, tepung terigu juga masih tersedia. Jadi semua kebutuhan pokok selama ramadhan dan setelah lebaran masih tersedia dengan baik," tegas Gubernur.

Dalam agenda ini, Gubernur turut didampingi Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kantor Wilayah Kalimantan Barat, Bambang Prihatmoko, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar, Ir. Herti Herawati, M.M.A., dan Camat Pontianak Selatan beserta jajarannya.(BP).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini