KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) -- ADA, mitra pertumbuhan digital
terbesar di Asia Selatan dan Asia Tenggara, mengakuisisi dhiOmics untuk
meluncurkan pusat pengiriman Global Data dan AI. Akuisisi ini meningkatkan
kemampuan transformasi digital ADA dan memperluas kemampuannya bagi klien
global dalam ukuran skala dan kecepatan. Kamis (6 April 2023).ADA Mengakuisisi dhiOmics untuk Meluncurkan Pusat Pengiriman Data dan AI Global
Hub ini
akan memanfaatkan platform data pelanggan (CDP), cloud pemasaran (Marketing
Cloud), dan platform customer engagement dengan tim yang
berspesialisasi dalam data engineering, artificial
intelligent, machine learning, (AI/ML), serta cloud infrastructure.
dhiOmics
didirikan pada tahun 2017 dengan kumpulan talenta berbakat sebanyak 200 orang,
dilengkapi dengan keahlian mendalam yang mencakup analitik pemasaran,
pengembangan teknologi, dan pengolahan data. dhiOmics melayani merek lintas
industri termasuk ritel/eCommerce, perawatan kesehatan, teknologi, industri
modern.
Dengan
mengakuisisi dhiOmics, ADA tidak hanya meningkatkan kemampuan transformasi
digitalnya, tetapi juga memperkuat kehadirannya di pasar India, yang
merupakan salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Langkah ini
menandai tonggak sejarah yang signifikan untuk strategi ekspansi global ADA,
karena langkah ini memungkinkan ADA untuk memasuki talenta berbakat
di India yang luas dan memanfaatkan infrastruktur teknologi yang kuat
di negara itu untuk memberikan solusi inovatif kepada klien di seluruh dunia.
Prabhat
Agarwal, Pendiri dhiOmics berkata, "Kami sangat senang dapat bergabung
dengan ADA untuk menjadikan India sebagai pusat pengiriman utama bagi
klien global. Ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk dapat memperkenalkan
penawaran terintegrasi komprehensif ADA kepada klien kami dan memberikan lebih
banyak jalan bagi orang-orang kami untuk tumbuh."
Nilesh
Gupta, Pendiri dhiOmics, berkata: "Kami telah melihat permintaan yang
sangat besar untuk transformasi berbasis data di pasar India. Kami
berharap dapat bekerja sama dengan ADA untuk memperluas penawaran kami yang
tersedia bagi klien kami di pasar India."
Faradi
Bachri, Direktur Regional Digital Performance Marketing ADA menambahkan,
"Dengan adanya dhiOmics sebagai pendukung CDP dan Marketing Cloud bagi
ADA, pengolahan data dan pegambilan keputusan untuk setiap strategi marketing
untuk klien kami akan menjadi lebih tajam dan tepat, kami sangat menyambut baik
hubungan ini".
"Teknologi
AI berkembang cepat dalam beberapa tahun belakangan, seiring dengannya
perusahaan dituntut untuk memiliki interaksi yang mendalam dengan pelanggan di
setiap tahapan. Kami percaya dengan bergabungnya dhiOmic bersama ADA, dapat
memperluas jangkauan bisnis serta pengalaman pelanggan yang lebih
baik." tutur Januar Wismoyo selaku Managing Director, Customer
Engagement Solutions ADA.
Srinivas
Gattamneni, Chief Executive Officer ADA, berkata, "Kami menyambut baik
Prabhat, Nilesh, dan rekan mereka ke ADA. Tim mereka yang sangat
terspesialisasi dan hubungan erat menjadikan dhiOmics mitra yang sempurna bagi
klien untuk memberikan konsultasi teknologi, manajemen data, dan integrasi
sistem perusahaan yang gesit dan hemat biaya."
ADA menyediakan layanan yang membantu
perusahaan dan brand untuk mendorong pertumbuhan lini atas (top-line
growth) melalui pemasaran digital dan transformasi penjualan di seluruh
Asia. ADA mengoperasikan tiga segmen layanan berbasis data, yaitu Marketing
Solutions, Ecommerce, dan Customer Engagement Solutions.
Layanan Marketing
Solutions meliputi performance marketing, yang
memungkinkan klien menjangkau konsumen secara efisien di media sosial, native
ads, display ads, dan search marketing; creative
solutions untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dan tingkat
percakapan; serta marketing technology transformation melalui
konsultasi, implementasi, dan layanan terkelola yang memungkinkan brand
memperoleh pengalaman pelanggan yang unggul dengan platform teknologi.
Ecommerce
Solutions menyediakan manajemen toko
secara menyeluruh untuk memenuhi kebutuhan brand di marketplace,
kanal sosial, kanal pesan pihak ketiga, dan situs web yang dikelola sendiri.
Customer
Engagement digunakan oleh perusahaan untuk
meningkatkan dukungan pelanggan dan berkomunikasi dengan konsumen secara real-time melalui
SMS, WhatsApp, dan aplikasi perpesanan lainnya.
ADA
dibentuk pada tahun 2018, dan berkantor pusat di Singapura dan Malaysia.
ADA mengoperasikan 11 kantor di seluruh Asia dengan sekitar 1.200 karyawan.
dhiOmics
adalah start-up teknologi yang beroperasi dengan tujuan untuk memecahkan
masalah bisnis dunia nyata menggunakan Pembelajaran Mesin dan Kecerdasan
Buatan. dhiOmics memungkinkan para pemimpin bisnis di seluruh perusahaan
Fortune 500 di berbagai vertikal mengambil keputusan berdasarkan data. dhiOmics
memanfaatkan kekuatan data terstruktur dan tidak terstruktur (teks, video, dan
audio) melalui algoritme komputasi, jaringan saraf, NLP, teknik visi komputer,
dan teknik ML lain yang diawasi dan tidak diawasi untuk membuat keputusan yang
efektif.
Didirikan
pada tahun 2017, dhiOmics dipimpin oleh para eksekutif dan insinyur dengan
pengalaman luas dalam bidang analitik permainan murni, kecerdasan buatan, dan
pembelajaran mesin untuk banyak klien Fortune 500. (Tim Liputan)
Editor : Aan