Wabup Harap Kerjasama Pemangku Kepentingan Dalam Upaya Turunkan Stunting

Editor: Redaksi author photo

 Wabup Harap Kerjasama Pemangku Kepentingan Dalam Upaya Turunkan Stunting
KALBARNEWS.CO.ID (BENGKAYANG) - Pemda Bengkayang menggelar rapat koordinasi (rakor) dalam rangka percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Bengkayang, bertempat di Aula Hotel Lala Golden Bengkayang. Senin (20 Maret 2023) pagi. 

Memimpin jalannya rakor, Wakil Bupati Bengkayang, Syamsul Rizal, yang sekaligus ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Bengkayang, menyatakan optimisme Pemda Bengkayang dalam  mengejar target penurunan angka stunting di wilayah Bumi Sebalo. 

Rizal berharap, dalam percepatan penurunan Stunting adanya kerjasama antar pemangku kepentingan, agar target penurunan angka Stunting secara nasional tahun 2024 dapat turun mencapai 14 persen. 

“Kita harus tetap bekerja, tetap berbuat. Kalau kita sudah melaksanakan tugas itu dengan maksimal maka hasilnya akan tampak,"  tuturnya.

Dia juga  mengapresiasi kinerja tim di lapangan, meskipun menurutnya masih belum mencapai target yang diharapkan. Hal ini disebabkan salah satunya masih kurang jelas terkait panduan dan tolak ukur penilaian stunting.

“Melalui rapat koordinasi ini, saya juga mengharapkan akan adanya panduan dan tolak ukur serta poin-poin yang dinilai tim dapat bekerja secara maksimal di lapangan," tandasnya. 

Sebagai informasi, berdasarkan data e-PPGBM 2021 dari hasil penimbangan di posyandu menunjukkan 27.89 persen  dan menurun menjadi 20.7 persen  pada tahun 2022. Sedangkan data Survey Status Gizi Indonesia (SSGI), prevalensi stunting Kabupaten Bengkayang berada pada 30.1 persen  dari target penurunan tahun 2023 menurut e-PPGBM adalah 18.99 persen. 

Kemudian untuk jumlah keluarga beresiko stunting yang sudah didampingi oleh Tim Pendamping Keluarga sebanyak 630 kunjungan untuk Catin, 12.495 untuk ibu hamil dan 2.863 ibu pasca salin. (BP)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini