Polisi Jaga Keselamatan Ngarak Ogoh-Ogoh pada Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945

Editor: Redaksi author photo

 Polisi Jaga Keselamatan Ngarak Ogoh-Ogoh pada Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA)  -  Polsek Sungai Raya Jajaran Polres Kubu Raya dan Polisi Militer, berhasil mengamankan kegiatan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 tahun 2023 yang diwarnai dengan kegiatan Ngarak Ogoh-ogoh. 

Kegiatan yang dihadiri oleh umat Hindu yang merayakan Hari Raya Nyepi ini dilaksanakan pada Selasa (21 Maret 23) siang, dengan rute dari Pura Giri Pati Mulawarman melewati Jalan Adisucipto menuju Tugu Selamat datang, dan kembali lagi ke Pura Giri Pati Mulawarman.

Sebelum kegiatan dimulai, secara simbolis kegiatan ini dibuka oleh Ketua PHDI Provinsi Kalimantan Barat, Ir. Putu Dupa Bendem, MMA (IDA SHRI RSI DUKUH PUTRA BANDEM KEPAKISAN) beserta umat Hindu yang merayakan Hari Raya Nyepi. Setelah itu, dilanjutkan dengan pelaksanaan Ngarak Ogoh-ogoh pada pukul 14.30 WIB.

Kegiatan Ngarak Ogoh-ogoh merupakan bagian dari perayaan Hari Raya Nyepi yang dilakukan oleh umat Hindu. Ogoh-ogoh yang diarak melambangkan keburukan sifat manusia dan hal negatif alam semesta, akan dibakar dalam Prosesi Tawur Agung Kesanga sebelum umat Hindu melakukan Tapa Brata Penyepian.

Kegiatan ini mendapat pengawalan ketat dari Polsek Sungai Raya yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Sungai Raya, AKP Hasiholand Saragih, S.H. 

"Pengamanan yang kami lakukan bersama personil Polres Kubu Raya, Polsek Sungai Raya dan Polisi Militer bertujuan untuk memberikan rasa aman, nyaman dan lancar bagi umat hindu yang merayakan hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 tahun 2023," terangnya.

Kapolsek Sungai Raya menegaskan kepada personil yang melaksanakan tugas pengamanan untuk selalu menjaga keselamatan diri dalam melaksanakan pengamanan pawai ogoh-ogoh. Sebelumnya, Polsek Sungai Raya melalui bhabinkamtibmasnya juga telah memberikan imbauan kepada panitia untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban saat pawai ogoh-ogoh berlangsung, serta tidak meminum minuman keras yang berpotensi dapat menimbulkan gangguan kamtibmas.

"Seluruh rangkaian kegiatan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar sehingga umat Hindu yang merayakan. Kami juga berkomitmen untuk memberikan pelayanan serta pengamanan yang terbaik bagi seluruh masyarakat Hindu yang merayakan Hari Raya Nyepi," tutupnya. (Tim Liputan).

Editor : Aan


Share:
Komentar

Berita Terkini