Kapolresta Pontianak Minta Masyarakat Tetap Waspada Kejahatan di Bulan Ramadhan

Editor: Redaksi author photo

Kapolresta Pontianak Minta Masyarakat Tetap Waspada Kejahatan di Bulan Ramadhan
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Setiap bulan Ramadhan pelaku kejahatan seperti tidak takut dosa,mereka selalu melakukan aksinya dengan berbagai macam kejahatan yang dapat mengancam keselamatan harta benda orang lain. Kamis (23 Maret 2023).

Jenis kejahatan sering terjadi menurut Kapolresta Pontianak Kombes Pol Adhe Hariadi,S.I.K,MH, di isaat bulan puasa hingga menjelang lebaran banyak terjadi Pencurian baik dirumah tinggal maupun pencurian sepeda motor. Modus Operandi yang biasa dilakukan adalah mencongkel pintu atau jendela disaat pemilik rumah tidak ditempat sedangkan untuk Curanmor sering terjadi digarasi rumah yang kuncinya masih menempel disepeda motor,sedangkan diarea perbelanjaan,minimarket,pasar,pertokoan atau caffe,biasanya dengan merusak kunci stang atau menggunakan kunci T.

Daerah yang sering menjadi sasaran pencurian adalah daerah pemukiman atau perumahan dengan rentang waktu sekitar pukul 00.00 sampai dengan 04.00 dini hari menjelang subuh dan 09.00 sd 12.00 saat pemilik tidak berada dirumah.

Langkah-langkah yang dilakukan oleh Polresta Pontianak, meningkatkan intensitas patroli yang dilakukan oleh Tim Enggang Kapuas baik di Polsek jajaran maupun Polresta serta membentuk unit tambahan antisipasi balap liar yang fungsinya selain antisipasi balap liar menjelang dan sesudah sahur juga melaksanakan patroli antisipasi kerawanan kejahatan.

Kami juga sampaikan himbauan Kamtibmas yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas keluruhan setempat untuk melakukan pengaman swakarsa di lingkungan komplek perumahan, dan juga Himbauan kamtibmas yang dilakukan oleh Humas Polresta melalui saluran saluran media sosial yang dimiliki oleh Polresta Pontianak.

"Tentunya kami Polisi  juga tidak bisa bekerja sendiri,Masyarakat juga harus menjadi polisi bagi dirinya sendiri artinya selalu waspada terhadap orang asing, hindari pemakaian perhiasan yang mencolok, bila diperlukan tambahkan kunci pengaman bagi kendaraan yang dimiliki, jangan teledor terhadap penyimpanan kunci kendaraan kadang masih tertinggal distang, hidupkan kembali pam swakarsa (siskamling)," tegasnya.

Saat ini Polresta sudah menyebar nomer telepon Petugas Polisi, mulai dari Kapolresta hingga Kapolsek jajaran maupun medsos yang dimiliki Polresta. Silahkan dimanfaatkan sebagai sarana pelaporan maupun koordinasi, untuk mengantisipasi maupun penanganan kejadian yang terjadi dimasyarakat. (Tim Liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini