KALBARNEWS.CO.ID (BAODING) -- Produsen mobil terkemuka Tiongkok,
GWM, di acara "Intelligent NEV Day", melansir platform teknologi hybrid terbaru, Hi4 (Hybrid Intelligent 4WD).
Platform ini menggunakan teknologi sistem penggerak canggih berbasiskan mobil
listrik (EV) yang mengoptimalkan efisiensi dalam seluruh kondisi jalan dan
skenario berkendara. Rabu (15 Maret 2023).GWM Lansir Platform "E-Hybrid 4WD" Generasi Baru, Hi4, di Acara NEV Day
GWM terus memperluas rencana pengembangan produk energi baru dan
berteknologi pintar. Rencana ini juga didukung rantai industri kendaraan yang
lengkap, terdiri atas arsitektur hybrid, baterai listrik, energi
hidrogen, teknologi motor listrik, intelligent cabin, intelligent
driving, serta intelligent chassis.
Platform
Hi4 memiliki dua sistem penggerak dengan daya maksimum sebesar 340 kW untuk
mobil pada segmen A-C. Sistem penggerak e-hybrid ini mencapai
efisiensi termal terbaik di industri yang mencapai 41,5%. Kinerja ini terwujud
berkat sistem pembakaran canggih, sistem injeksi bahan bakar langsung
bertekanan tinggi, serta teknologi resirkulasi gas buang bertekanan rendah. Di
sisi lain, manajemen energi dan strategi kontrol berteknologi pintar pada
platform Hi4 menghasilkan efisiensi operasional terbaik, serta meningkatkan
efisiensi energi hingga sekitar 8% jika dibandingkan sistem manajemen energi
konvensional.
Platform
Hi4 juga menawarkan jarak tempuh di atas 100 km dengan sistem tenaga listrik
murni berkat rangkaian baterai berkapasitas besar. Rangkaian baterai ini
memakai teknologi ion litium canggih sehingga menghasilkan tenaga yang tahan
lama. Efisiensi energi dalam pengecasan cepat (fast charging) mencapai
97%, bahkan durasi pengecasan baterai dari 30% hingga 80% dalam suhu lingkungan
hanya berlangsung di bawah 30 menit. Kinerja ini dicapai teknologi pengecasan
baterai bertegangan tinggi dan sistem manajemen pengecasan baterai berteknologi
pintar.
Platform
Hi4 turut menghadirkan tiga terobosan baru dalam teknologi hybrid,
termasuk arsitektur e-hybrid baru yang memperluas skenario
berkendara, teknologi kontrol dinamis baru yang mengandalkan sensor dengan
akurasi tinggi hingga milidetik, serta sistem transmisi baru dengan kopling
elektromekanik yang meningkatkan performa.
Arsitektur e-hybrid terbaru
ini memakai "desain baru" yang tergolong hybrid, didukung
tiga sumber tenaga dan distribusi dua sumbu dengan dua motor listrik yang
disalurkan secara merata. Hal tersebut menghasilkan arsitektur electric
hybrid 4WD dalam rangkaian paralel. Maka, arsitektur ini memperluas
skenario berkendara sehingga mobil dapat digunakan di wilayah perkotaan dan
medan off-road.
Sistem
GWM iTVC (intelligent Torque Vectoring Control) merupakan teknologi
kontrol dinamis baru. GWM iTVC mengandalkan sensor dengan akurasi tinggi
hingga level milidetik atas kecepatan mobil lewat rotasi motor. Di sisi lain,
GWM iTVC cepat menyalurkan dan mengatur torsi secara dinamis antara sumbu
roda depan dan belakang dalam hitungan milidetik. Keunggulan ini mencegah roda
mobil tergelincir ketika melintasi permukaan jalan yang licin, serta meningkatkan
stabilitas pengendalian mobil dan keamanan berkendara saat mobil menikung.
Sistem
transmisi dengan kopling elektromekanik adalah desain inovatif yang terdiri
atas dua unit kopling elektromekanik, meliputi hampir seluruh rentang kecepatan
mesin agar memenuhi kebutuhan pengguna dalam setiap skenario berkendara.
"Platform
Hi4 menghasilkan performa luar biasa dan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat
berkat fitur inovatif, dual-motor dan dual-axis
control. Hi4 turut meningkatkan stabilitas pengendalian mobil dan keamanan
berkendara ketika mobil menikung," ujar Powertrain Technical
Officer, GWM.
Platform
Hi4 GWM segera menghadirkan terobosan pada segmen SUV hybrid dengan
menawarkan kombinasi terbaik antara performa, keselamatan berkendara, dan
efisiensi. Dengan demikian, platform ini hadir sebagai pilihan tepat bagi
pengemudi yang selalu menginginkan produk terbaik. (Tim Liputan)
Editor : Aan