Earth Hour 2023: SANY Gencar Mengembangkan Elektrifikasi Mempromosikan Perencanaan Hidrogen

Editor: Redaksi author photo

Earth Hour 2023: SANY Gencar Mengembangkan Elektrifikasi 
KALBARNEWS.CO.ID (BEIJING) - Jutaan orang di seluruh dunia akan memadamkan listrik dalam rangka Earth Hour pada 25 Maret, serta bergabung dalam salah satu gerakan pelestarian alam terbesar di dunia. SANY Group ("SANY"), produsen alat berat terkemuka di dunia, menjawab tantangan iklim dunia dan berkomitmen terhadap bumi dengan mengembangkan elektrifikasi. Hal ini ditempuh SANY dengan meningkatkan rencana penggunaan energi hidrogen. Senin (28 Maret 2023).

Krisis iklim telah mendorong transisi dunia menuju energi bersih dan baru. Meski kendaraan listrik kini marak digunakan, transformasi energi masih terkendala bahan bakar fosil yang tidak ramah lingkungan. Agar terlepas dari ketergantungan tersebut, SANY membuka jalan baru lewat penelitian ilmiah.

Ramah lingkungan dan hal lain: Rencana penggunaan energi hidrogen SANY menuju masa depan yang bersih

SANY menetapkan target ambisius untuk menjadi penyedia solusi hidrogen terintegrasi dan terbesar di Tiongkok dalam lima tahun, serta memimpin transformasi industri dunia. Maka, SANY merencanakan rantai industri hidrogen secara komprehensif hingga meliputi aktivitas produksi, penyimpanan, pengiriman, dan alat pengisian bahan bakar yang ramah lingkungan.

Anak usaha SANY yang bergerak di sektor energi hidrogen, SANY Hydrogen, akan meningkatkan inovasi teknologi inti dan mewujudkan rantai pasok yang bersifat tertutup di seluruh ekosistem industri. Langkah ini turut mendukung target "Karbon Ganda" 2030/2060 Tiongkok.

Pada Maret, SANY Hydrogen meresmikan kerja sama strategis dengan Guangtai Hydrogen Energy untuk stasiun pengisian hidrogen pertama yang berkapasitas 2.000 kg di Shanghai. Dengan keunggulan teknologi SANY, kerja sama ini memenuhi rencana operasional kendaraan logistik dan kebutuhan pengisian bahan bakar hidrogen Guangtai Hydrogen Energy.

Stasiun pengisian bahan bakar ini akan memasang tiga unit dispenser hidrogen dual-metering 35MPa dengan kecepatan pengisian hidrogen rata-rata hingga 2kg/min. Setelah selesai, fasilitas ini akan memenuhi permintaan pengisian bahan bakar hidrogen untuk 300 kendaraan logistik dengan beragam tonase, serta mendukung aktivitas operasional cold-chain Guangtai Hydrogen Energy di wilayah Delta Sungai Yangtze.

Stasiun pengisian bahan bakar yang tahan ledakan ini akan mencapai standar IICT4 sehingga melampaui standar keselamatan, termasuk didukung kontrol otomatis atas proses pengisian hidrogen, deteksi kebocoran hidrogen, alarm dan penonaktifan yang menjamin kelancaran operasional, khususnya di tengah suhu lingkungan berkisar -20-55 derajat Celcius.

Pada 2020, SANY melansir mixer truck dan dump truck pertama di dunia dengan sel bahan bakar hidrogen yang pertama di dunia di pabrik Lighthouse miliknya di Shaoyang. Hal ini menjadi langkah awal SANY menuju "era hidrogen". Pada 2022, SANY mendirikan stasiun produksi dan hidrogenisasi pertama yang terintegrasi di Provinsi Hunan, serta mengirim pesanan pertama truk berukuran besar dengan sel bahan bakar hidrogen di kota Yueyang.

Mengelektrifikasi jalan raya: menuju masa depan kargo darat bermuatan besar

Jalur jalan raya pertama yang dielektrifikasi di Tiongkok, dibangun oleh SANY, CRRC Zhuzhou Electric Locomotive Research Institute, dan Tsinghua University, baru saja dirampungkan di Zhuzhou, Provinsi Hunan. Proyek penting ini juga menjadi perkembangan baru dalam kargo darat bermuatan besar.

SANY merancang, mengembangkan, dan memproduksi kendaraan, serta sistem inti, sekaligus menguasai seluruh hak kekayaan intelektualnya.

Jalur uji coba ini terdiri atas dua arah dan dua lajur dengan lebar tujuh meter. Jalur ini juga mencakup 53 pilar dan satu gardu jenis kotak yang mendukung contact grid sepanjang 1,8 km. Jalan raya yang dielektrifikasi ini menyediakan berbagai jenis skenario kondisi jalan untuk menguji kinerja kendaraan, termasuk jalan tanjakan, jalan bergelombang, jalan dengan genangan air, serta jalan berlumpur.

Dengan jaringan kontak yang menyerupai jalur kereta, kebutuhan listrik pada jalan yang dielektrifikasi ini secara langsung dipasok oleh jaringan di atasnya agar pengisian daya dapat berlangsung sambil berkemudi (charging while driving). Dibandingkan truk bermuatan berat dengan tenaga listrik murni dan baterai, kendaraan baru ini mampu mencegah efek suhu yang rendah sekaligus meningkatkan efisiensi energi hingga 6%.

Ketika Earth Hour mengangkat isu perubahan iklim, SANY berkomitmen menjawab tantangan ini dengan langkah nyata, serta menggencarkan pengembangan portofolio energi hidrogen demi membangun masa depan yang lebih hijau di bumi. (Tim Liputan).

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini