Antara Pameran Seni dan Persoalan Ruang Ekspresi

Editor: Redaksi author photo

Antara Pameran Seni dan Persoalan Ruang Ekspresi 
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Pontianak - Banyak seniman muda bermunculan di Kalimantan Barat. Sayangnya, akses untuk menampilkan karya mereka dalam bentuk pameran masih minim.

Memang seiring waktu berjalan, bermunculan banyak galeri pameran dengan menampilkan berbagai karya, tetapi hanya beberapa seniman saja yang melakukan hal tersebut. Hal ini juga diamini oleh seorang penikmat seni, Izhar.

"Sering dia hadir di acara seni. Entah fashion, musik, atau seni rupa. Tapi seni rupa yang saya lihat artisnya itu saja, karena tak ada yang baru. Kalau seni rupa itu kebanyakan menggunakan sistem kenal, kalau sistem ini tetap diterapkan tak akan maju seni kita. Mungkin yang baru daftar kuliah tidak bisa lanjutkan proses berkeseniannya," ujarnya ketika hadir dalam acara pameran seni rupa dan diskusi bertajuk "Sabda Puan untuk Keadilan" di Rumah Gerakan Gemawan yang beralamat di Jalan Ujung Pandang 1 No. 89 Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (21 Maret 2023) malam.

Menurutnya tak semua orang memiliki keberuntungan untuk mengembangkan dan menyalurkan bakatnya tanpa ada dukungan dan kepedulian dari pihak terkait. Meski hanya sebatas mengolah keterampilan dan bakat yang dimiliki seorang perupa.

Tentunya ruang ekspresi dan apresiasi itu sangat penting untuk menyalurkan hasil karya seni rupa seperti kaya lukis, patung, karya instalasi, dan karya seni lainnya. Terkait dari masalah ini tentu dapat dijadikan sebuah gebrakan baru untuk membangun para generasi muda di daerah agar bisa tersalurkan bakatnya.

"Salah satunya di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Yang masih terbatasnya wadah atau tempat untuk menyalurkan hasil karya para seniman. Mereka hanya sekedar menyalurkan hobinya di rumah, coffee shop, cafe bahkan ada yang di jalanan," kata Izhar.

Pria berkacamata itu juga mengatakan ruang atau wadah ekspresi dan apresiasi sangat penting untuk mendorong dan merespons kreatifitas para seniman yang muncul. Selain ruang, sharing pengetahuan, keterampilan maupun dorongan dan motivasi sangat penting untuk  meningkatkan kualitas substansi materi, teknik produksi dan konsistensi menghasilkan karya.

"Salah satu upaya strategis dan efektif untuk menyiapkan ruang ekspresi, apresiasi, sharing, motivasi dan edukasi bagi para pegiat seni, komunitas, maupun masyarakat di Kota Pontianak dan Kalimantan Barat pada umumnya," urai dia.

Izhar menilai kehadiran ruang ekspresi atau galeri seni sebagai tempat menampilkan karya sangatlah dibutuhkan oleh anak muda. Alasannya, agar nama seniman muda makin terangkat dan dikenal oleh publik Tanah Air khususnya di Kota Pontianak. (Tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini