Sat Samapta Polres Mempawah Polda Kalbar Lakukan Pemadaman dan Pendinginan Karhutla

Editor: Redaksi author photo

Gerak Cepat, Sat Samapta Polres Mempawah Polda Kalbar Lakukan Pemadaman dan Pendinginan Karhutla
KALBARNEWS.CO.ID (MEMPAWAH) - Personel Sat Samapta Polres Mempawah dan Personel Polsek Mempawah Hilir bersama-sama melakukan pemadaman dan pendinginan lokasi kebakaran lahan di Dusun Sebukit Rama, Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa (7 Februari 2023).

Kasat Samapta Polres Mempawah Iptu Tohari bersama Kapolsek Mempawah Hilir AKP Amren Lumban Siantar turut secara langsung melakukan pemadaman dan pendinginan lokasi kebakaran lahan.

Proses pemadaman dilakukan dengan alat seadanya yakni menggunakan satu unit alat pemadam api (mesin pompa air) Polres Mempawah.

Kapolres Mempawah AKBP Fauzan Sukmawansyah melalui Kasat Samapta Iptu Tohari ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kebakaran lahan di wilayah Desa Pasir Kecamatan Mempawah Hilir.

"Benar, memang ada terpantau titik kebakaran lahan di kawasan Dusun Sebukit Rama Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir. Oleh sebab itu kami dari Sat Samapta Polres Mempawah bersama Polsek Mempawah Hilir bergerak cepat melakukan tindakan pemadaman dan pendinginan lokasi kebakaran, mengingat lahan di sana merupakan lahan gambut," terangnya.

Iptu Tohari mengatakan, pada kebakaran lahan tersebut api di prediksi sudah membakar sekitar dua hektar lahan.

"Kalau lahan yang terbakar ada sekitar kurang lebih dua hektar, Alhamdulillah cepat dipadamkan. Meski demikian kami akan tetap melakukan patroli meninjau lokasi yang rawan kebakaran lahan, apalagi di wilayah yang merupakan lahan gambut," terangnya.

Sebagai langkah pencegahan adanya kebakaran hutan dan lahan dengan dampak yang lebih luas, Iptu Tohari turut mengimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara di bakar.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar membuka lahan jangan dengan cara membakar, karena dapat menimbulkan kebakaran lahan yang luas, apalagi di lahan gambut dan cuaca yang panas," jelasnya.(Tim Liputan).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini