Personel Gabungan Mainkan Naga Raksasa Semarakkan Perayaan Cap Gomeh Ketapang

Editor: Redaksi author photo

 Personel Gabungan Mainkan Naga Raksasa Semarakkan Perayaan Cap Gomeh Ketapang
KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG) - Lautan manusia dari beragam etnis dan latar belakang sosial beramai-ramai menyaksikan Seremoni Pembukaan Karnaval Cap Go Meh tahun 2023 yang diawali dari Kelenteng (Pek Kong Tua), Kelurahan Tengah, Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang, Minggu (5 Februari 2023).

Sejumlah personel TNI, Polri dan Sat Pol PP juga terlihat ikut berpartisipasi memainkan Naga Raksasa dalam rangka memeriahkan puncak perayaan Cap Go Meh di Ketapang tersebut. 

''Di sela kegiatan karnaval tersebut nampak Dandim 1203 Ketapang Letkol Inf Alim Mustafa didampingi Danlanal Ketapang Letkol Laut (P) Bambang Nugroho M.Tr.Opsla turut ikut aksi memainkan naga raksasa, dalam kesempatan itu Dandim juga mengatakan bahwa Karnaval Cap Go Meh tahun 2023 ini adalah bukti nyata bahwa masyarakat Kabupaten Ketapang hidup harmonis dengan keberagaman Agama, Suku dan Budaya yang terjalinan erat dalam bingkai NKRI,” ungkapnya.

Selain itu mozaik yang indah ini dengan khazanah kearifan lokal yang berbeda – beda harus kita lestarikan dan menjadi modal untuk menarik minat wisatawan untuk melancong ke Ketapang, semoga kegiatan ini dapat menghasilkan ide ide yang positif untuk Kabupaten Ketapang yang maju menuju masyarakat sejahtera.

Sementara itu, Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kabupaten Ketapang, Susilo Aheng menerangkan bahwa Naga Raksasa yang dimainkan personel TNI, Polri dan Sat Pol PP tersebut memiliki panjang 42 meter dengan diameter 1,7 meter

''Total keseluruhan ada 6 naga, 5 Barongsai beratraksi pada perayaan Cap Go Meh tahun ini, Selain itu ada 48 Tatung dan 20 kendaraan hias, termasuk pawai lampion ikut menyemarakan," jelasnya.

Rangkaian kegiatan Pawai Naga ,Barongsai dan Ritual Tatung kali ini di mulai dari Kelenteng (Pek Kong Tua) - Tugu Tolak Bala - Pasar Kayong - Jln. Suharso - Jln. RA Kartini - Pasar Baru Blok-A - Jln. Diponegoro - Jln. MT Haryono - Jln. Merdeka – Kemudian kembali di Kelenteng (Pek Kong Tua (Fendi's)

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini