Google Menyoroti Kerja Sama Dengan Industri Berita Pada Hari Pers Nasional 2023

Editor: Redaksi author photo

Google Menyoroti Kerja Sama Dengan Industri Berita Pada Hari Pers Nasional 2023
KALBARNEWS.CO.ID (MEDAN) - Pekan ini, Google berbicara di acara Hari Pers Nasional Indonesia di Medan, Sumatera Utara, mengenai kerja sama dengan penerbit berita untuk mendukung industri ini melalui teknologi. Kemitraan ini juga untuk mendukung bisnis berita agar bertransformasi dan berkembang secara online. Kamis (9 Februari 2023).

Berikut beberapa bentuk kerja sama Google dengan penerbit berita di Indonesia untuk mengembangkan dan menyesuaikan bisnis, membantu mengatasi kesalahan informasi, dan mendukung inovasi.

 

Bekerja sama dengan penerbit berita di Indonesia 


Dukungan terhadap organisasi berita adalah hal yang penting untuk memastikan jurnalisme berkualitas dapat terus berkembang. Kami bekerja sama dengan penerbit dari semua skala di Indonesia, menyediakan tools, teknologi, pelatihan, dan digital traffic.

 

Kami telah bermitra dengan penerbit untuk membantu mereka membangun model bisnis dan meningkatkan kemampuan analitik data, audiens dan perilaku pembaca, dan periklanan digital. Dalam beberapa tahun ini, Google telah mengadakan lima pelatihan dan dua labs bagi lebih dari 500 penerbit skala kecil dan menengah di bawah naungan Digital Growth Program

 

Kami juga telah meluncurkan Local News Foundry, sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan monetisasi digital bagi penerbit berita lokal. Sejak 2019, kami telah melatih lebih dari 400 penerbit Indonesia, mengaktifkan inovasi digital dan meningkatkan monetisasi melalui traffic dan pendapatan mereka.

 

Melalui rangkaian webinar Google for Media, kami memperkenalkan berbagai produk dan program yang tersedia untuk membantu jurnalis dan penerbit berita di Indonesia, mencakup topik seperti melaporkan dan menyajikan informasi yang akurat dan tepercaya serta kemitraan untuk situs yang sehat.

 

Kami juga menyediakan tools dan teknologi guna membantu penerbit beriklan di situs dan aplikasi mereka, menciptakan peluang bagi bisnis berita untuk menjual ruang iklan mereka ke jutaan pengiklan di seluruh dunia. Saat penerbit memilih untuk menggunakan layanan periklanan kami, mereka mempertahankan sebagian besar pendapatan yang dihasilkan. Dan melalui tools seperti Subscribe with Google, penerbit dapat mengakses pendapatan pembaca tambahan dengan membuat sistem langganan mereka sendiri secara gratis.

 

Secara lebih luas, kami memberikan nilai dan pendanaan yang signifikan untuk organisasi berita, termasuk traffic gratis di mana kami mengarahkan pembaca ke situs berita penerbit di seluruh dunia lebih dari 24 miliar kali sebulan. Hal ini memberikan kesempatan kepada penerbit untuk mengubah pembaca biasa menjadi pelanggan setia dengan menampilkan lebih banyak konten, iklan, dan penawaran untuk berlangganan.

 

Membantu melawan misinformasi 


Kami memahami pentingnya memastikan keamanan pengguna saat sedang online, dan melawan misinformasi merupakan bagian penting di dalamnya. Google mendukung upaya ini dengan merancang produk yang memunculkan informasi yang andal dan akurat, dan dengan mengaktifkan dan mendanai kolaborasi ruang redaksi yang lebih besar dalam upaya pemeriksaan fakta.

 

Ruang redaksi di seluruh dunia bekerja keras untuk menemukan dan memverifikasi serta menghasilkan berita yang dapat dipercaya. Kolaborasi dengan ruang redaksi adalah salah satu cara terpenting untuk melawan misinformasi.

 

Google News Lab bekerja sama langsung dengan redaksi memberikan pelatihan gratis bagi jurnalis di Indonesia, termasuk lokakarya mendalam tentang jurnalisme data dan pengecekan fakta. Melalui GNI Indonesia Training Network, Google telah melatih hampir 37.000 jurnalis di 34 provinsi.

 

Tahun lalu, Google mengumumkan akan terus mendukung CekFakta dan GNI Indonesia Training Network dengan 1,2 juta USD untuk membekali lebih banyak editor, jurnalis, dan pemeriksa fakta dengan keterampilan dan alat yang mereka butuhkan menjelang pemilu 2024. Sumber daya ini akan membantu CekFakta mengembangkan koalisi untuk menyertakan 300 organisasi berita dan memfasilitasi kemitraan dengan akademisi, masyarakat sipil, bisnis, dan kelompok lain untuk memperluas jangkauan pemeriksaan fakta di seluruh negeri.

 

Menemukan cara baru untuk bermitra dalam inovasi 


Kami terus mencari cara baru untuk mendukung dan mendorong inovasi di Indonesia. Misalnya, tahun lalu kami mengumumkan Serikat Jurnalis Sains Indonesia (SISJ) dan KBR akan menerima dukungan melalui Asia Pacific GNI Innovation Challenge. Kami juga bekerja sama dengan startup berita lokal dari Aceh hingga Papua, sebagai bagian dari GNI Startups Lab.

 

Kami terus bekerja sama dengan penerbit berita di Indonesia untuk mewujudkan ekosistem berita yang berkelanjutan, mandiri, dan beragam. Melalui program dan produk Google, kami mendukung jurnalisme berkualitas dan berharap dapat melanjutkan upaya ini di tahun 2023. (Tim Liputan).


Editor : Lan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini