Terdeteksi Titik Panas Di Wilayah Kubu Raya, Polisi Intensifkan Patroli Daerah Rawan Karhutla

Editor: Redaksi author photo

Polisi Intensifkan Patroli Daerah Rawan Karhutla 
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Titik Hotspot sudah mulai bermunculan, petugas kepolisian sektor  Sungai Raya Jajaran Polres Kubu Raya Polda Kalimantan Barat mengintensifkan patroli di daerah rawan kebaran hutan dan lahan. 

Kapolres Kubu Raya AKBP Arief Hidayat, S.H., S.I.K melalui Kapolsek Sungai Raya AKP Hasiholand Saragih, S.H., mengatakan pihaknya mengintensifkan patroli di daerah rawan Karhutla sambil melakukan himbauan kepada masyarakat sungai raya agat tidak melakukan pembakaran hutan untuk membuka lahan perkebunan guna mencegah kebakaran hutan. Kamis (19 Januari 2023)..

"Sudah ada beberapa lahan di Kecamatan Sungai Raya yang terbakar di Desa Parit Baru, Sungai Raya Dalam ujung, Desa Limbung dan Desa Arang Limbung, " ungkapnya

 Kapolsek Sungai Raya mengatakan kami bersama Damkar BPBD, Damkar Wonodadi II dan MPA (Masyarakat Peduli Api ) Kabupaten Kubu Raya, Patroli bersama serta melakukan pemadaman dan pendingingan lahan terhadap titik hotspot yang kami dapati dari aplikasi lancang kuning dan lapan.

Tidak hanya itu saja petugas bersama pemerintahan desa setempatpun melakukan himbauan kepada warga untuk tidak melakukan pembakaran dalam membuka lahan perkebunan.

Ia menyampaikan setiap orang dengan sengaja dan terbukti melakukan pembakaran hutan, maka terancam hukum pidana sesuai dengan UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup. Ancaman hukumannya penjara 10 tahun dan denda Rp 15 miliar.

"Untuk itu, kami meminta masyarakat, khususnya di Kecamatan Sungai Raya mari sama-sama mengantisipasi kejadian karhutla yang dapat merusak keseimbangan alam dan lingkungan," tuturnya. (Tim Liputan).

Editor : Aan


Share:
Komentar

Berita Terkini