PKK Melawi Programkan Cegah Stunting Dari Hulu

Editor: Redaksi author photo

 PKK Melawi Programkan Cegah Stunting Dari Hulu
KALBARNEWS.CO.ID (MELAWI) - Pernikahan usia dini merupakan salah satu faktor terjadinya stunting. Di Kabupaten Melawi angka pernikahan usia dini ini cukup tinggi. Ketua TP PKK Melawi, Raisya Sarbina Dadi mengatakan, di tahun ini, sosialisasi dari hulu menjadi program dalam upaya percepatan stunting di Melawi. Rabu (18 Januari 2023).

"Di tahun ini TP PKK Melawi sudah menyusun beberapa program yang akan dijalankan. Salah satunya tentang percepatan penurunan stunting dari hulu," ujarnya.

Dalam upaya percepatan penurunan stunting, TP PKK Melawi akan melakukan sosialisasi pencegahan dengan sasaran dari hulu. 

Sosialisasi itu menyasar pada Pusat Informasi dan Konseling Remaja, lalu memberikan pengetahuan tentang seribu hari pertama kehidupan, pola hidup bersih dan sehat serta pemberian jamban.

Lebih dalam ia melanjutkan sosialisasi ini akan dilakukan oleh dirinya dan para kader PKK. Mulai dari tingkat kabupaten hingga ke desa-desa. "Kami juga miliki WA grup. Dari grup itu kami juga bisa memantau angka stunting," ujarnya.

Di tahun ini juga ada program pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil melalui dana desa. Rencana saat program itu dilakukan ia akan turun langsung ke desa-desa.

Memperjuat program ini, PKK juga akan mensinkronkan program dari Dinas-dinas yang ada. Utamanya yang bersinggungan dengan percepatan penurunan stunting.

Dari datanya, ada 15 desa lokus stunting yang berada di delapan kecamatan. Iapun minta pemahaman generasi muda tentang stunting harus digalakkan. Mulai dari pemenuhan makanan bergizi, hingga saat hamil perlu nenperhatikan seribu hari kehidupan. Semua harus dipahami. Termasuk pemahaman tentang sistem reproduksi jika terlalu dini menikah juga tak baik.(BP).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini