Warga Binaan Lapas Perempuan Ikuti Bimbingan Kemenag Gorontalo

Editor: Redaksi author photo

Warga Binaan Lapas Perempuan Ikuti Bimbingan Kemenag Gorontalo
KALBARNEWS.CO.ID (GORONTALO) - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas III Gorontalo mengikuti bimbingan membaca huruf hijaiyyah dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gorontalo. Rabu (14 Desember 2022).

Penyuluh Agama Kemenag, Fatmawati Bobihu usai kegiatan itu, Rabu, mengatakan bimbingan membaca huruf hijaiyyah tersebut diikuti dengan penuh antusias oleh 37 orang warga binaan.

"Kali ini bimbingan sekaligus pembelajaran difokuskan pada pengucapan huruf hijaiyyah atau makhorijul huruf. Makhorijul huruf sendiri secara istilah adalah tempat keluarnya huruf hijaiyyah. Di tempat ini, suara dari suatu lafaz berhenti," ucap dia.

Menurut Fatmawati Bobihu, hal tersebut merupakan materi dasar yang harus dikuasai dengan baik dan benar.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa tempat keluarnya huruf dapat dibagi menjadi lima yaitu tenggorokan atau halq, mulut atau lisan, antara dua bibir atau syafatain, rongga atau jauf dan hidung atau khoisyum.

Dalam kesempatan yang sama, Kalapas Perempuan Kelas III Gorontalo, Meita Eriza, menyampaikan kegiatan itu penting untuk diikuti agar para WBP dapat melafalkan huruf hijaiyyah dengan benar sehingga tidak menimbulkan perbedaan arti atau makna dari surat yang dilafalkan.

"Pertemuan kali ini para warga binaan diberikan bimbingan dasar bagaimana melafalkan huruf hijaiyyah dengan baik dan benar untuk menghindari kesalahan-kesalahan dalam pengucapan serta pelafalan," tuturnya.

Tidak hanya itu, Meita juga menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan itu untuk memberikan pengenalan dan menambah pengetahuan para warga binaan akan huruf arab, cara membaca Al-Quran dengan baik serta mengisi waktu masa pidana dengan hal-hal positif juga berpahala.

"Diharapkan hal ini dapat menjadi kebiasaan positif selama mereka menjalani masa pidana nya di Lapas serta dapat dilanjutkan setelah bebas nanti," tambahnya.
(Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini