Pemprov Sumatera Barat Perbanyak Atraksi Wisata Di 2023

Editor: Redaksi author photo

Pemprov Sumatera Barat Perbanyak Atraksi Wisata Di 2023
KALBARNEWS.CO.ID (PADANG) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan memperbanyak atraksi wisata pada 2023 sebagai strategi memajukan dunia pariwisata serta menggaet wisatawan datang. Minggu (4 Desember 2022)

"Atraksi wisata adalah salah satu aspek yang akan kami perbanyak sebagai strategi dalam mengembangkan pariwisata Sumbar," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda, di Padang, Sumbar

Ia menyebutkan atraksi wisata tersebut akan digelar langsung di destinasi wisata, seperti yang telah mulai dilakukan pihaknya dalam beberapa bulan terakhir.


Atraksi wisata itu di antaranya adalah acara puncak Pemilihan Uda Uni Sumbar 2022 yang dilaksanakan di Istano Basa Pagurung, Kabupaten Tanah Datar. Kemudian Minangkabau Fashion Festival yang diselenggarakan di Jembatan Siti Nurbaya, salah satu ikon wisata di Kota Padang.


Ia mengatakan salah satu yang disiapkan pada awal 2023 adalah peluncuran Program Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023, rencananya akan dilakukan di Kota Bukittinggi.


Jika menilik pada kalender kegiatan wisata Sumbar 2023, katanya, total kegiatan yang disiapkan ada sebanyak 77 kegiatan. Masing-masing kabupaten atau kota menyiapkan tiga kegiatan.


"Dengan menggelar atraksi wisata secara langsung di destinasi wisata, maka ini akan menjadi suguhan menarik bagi wisatawan yang datang," jelasnya.


Luhur menjelaskan atraksi wisata adalah satu dari tiga aspek penting yang harus dimiliki dalam pengembangan pariwisata di samping dua lainnya yaitu amenitas dan aksesibilitas.

"Sumbar juga memiliki 294 desa wisata, ini yang akan kami kolaborasikan semuanya demi memajukan pariwisata pada 2023," katanya.


Selain itu pihak Dinas Pariwisata Sumbar juga terus menggalakkan promosi pariwisata kepada publik baik secara konvensional maupun digital agar dikenal secara luas.


Saat disinggung soal target kunjungan, Luhur belum berani menerapkan target yang tinggi pada 2023. Namun ia berharap bisa menyamai angka pada 2019 sebelum pandemi COVID-19 melanda.


"Kami berharap jumlah kunjungan wisatawan sama dengan angka kunjungan pada 2019 yaitu di angka 8,2 juta pengunjung, semoga ini terwujud dengan program VBWS 2023," katanya.


Pada bagian lain, berbagai persiapan serta pembenahan juga terus dilakukan pihaknya untuk menyambut 2023 sehingga meningkatkan angka kunjungan serta waktu kunjung wisatawan di Sumbar. (tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini