Pemkot Palembang Fokuskan Pembinaan UMKM

Editor: Redaksi author photo

Pemkot Palembang Fokuskan Pembinaan UMKM
KALBARNEWS.CO.ID (PALEMBANG) - Pemerintah Kota Palembang saat ini mulai memfokuskan pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setelah sebelumnya berkutat di bidang kesehatan dan sosial dampak pandemi COVID-19. Minggu (4 Desember 2022).

"Pemkot Palembang saat ini mulai fokus ke bidang UMKM, sebab di sini hampir 80.903 pelaku UMKM perlu perhatian agar kembali menggeliat mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah dan masyarakat," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa di Palembang.

Di sela-sela acara pembukaan Pesta Retail Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) itu, Ratu Dewa menjelaskan pembinaan para pelaku UMKM perlu terus ditingkatkan di tengah kondisi ekonomi yang belum pulih termasuk inflasi.

"Misalnya Pesta Retail Sumbagsel di Palembang ini dengan menggelar 50 anjungan UMKM sudah barang tentu menjadi geliat perekonomian masyarakat, walaupun nanti masyarakat secara alami juga akan memilih produk pelaku usaha UMKM yang menarik," ujarnya.

Ia menjelaskan sebanyak 50 anjungan toko produk makanan UMKM dan toko kelontong pada pesta retail selama semiggu diyakini akan menjadi peluang dunia usaha baru di Palembang, karena UMKM menjadi prioritas pemerintah dalam pengembangannya agar memiliki keunggulan produk dan naik kelas.

Pemkot Palembang juga mengapresiasi pihak swasta mendukung dan mempromosikan produk UMKM, karena peran swasta termasuk pihak perbankan sangat penting untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi nasional secara makro dan mikro.

Oleh karena itu, katanya, pemerintah terus mendorong sektor UMKM kembali bangkit setelah sempat dihantam pandemi.

Sebab UMKM menjadi salah satu yang berkontribusi terhadap PDB 60,5 persen dan penyerapan tenaga kerja 96,9 persen.

Walau sektor UMKM terus bertumbuh, akan tetapi produk yang sudah masuk katalog di marketplace sudah mencapai 20 juta, sementara target Presiden Jokowi mencapai 30 juta hingga akhir 2023, kata Sekda.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini