Pemkot Kediri Beri Edukasi Politik Jelang Pemilu 2024

Editor: Redaksi author photo

Pemkot Kediri Beri Edukasi Politik Jelang Pemilu 2024
KALBARNEWS.CO.ID (KEDIRI) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, memberikan edukasi terkait dengan pendidikan politik menjelang Pemilu 2024, dengan harapan nantinya bisa tercipta demokrasi berbasis etika dan moral Pancasila. Jumat (16 Desember 2022).

Kepala Kesbangpol Kota Kediri Bagus Hermawan Apriyanto, Jumat mengatakan pihaknya membawa misi untuk membangun etika dan budaya politik masyarakat Kota Kediri, sehingga tercipta demokrasi berbasis etika.

"Pesta demokrasi Pemilu 2024 merupakan hajatnya rakyat. Dalam momen tersebut rakyat merayakan suara mereka, merdeka dalam memilih dan berdaulat. Kita juga harus berkomitmen untuk menghadirkan pesta demokrasi yang berbasis etika dan moral Pancasila," katanya di Kediri.

Pihaknya ingin agar masyarakat melek politik dan memahami terkait dengan Pemilu 2024. Hal itu sebagai bekal agar nantinya pemilu bisa jujur dan adil.

"Kami masif memberikan edukasi kepada berbagai pihak termasuk juga masyarakat, salah satunya workshop pendidikan politik untuk membangun etika dan budaya politik masyarakat Kota Kediri," tutur Bagus.

Ia juga menambahkan, acara ini sosialisasi pendidikan politik yang telah digelar tersebut juga melibatkan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Kediri dari berbagai unsur keagamaan, yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Konghuchu dan penghayat kepercayaan.

"Sengaja kami libatkan para tokoh agama di Kota Kediri dalam pembentukan etika dan budaya politik guna menghindari potensi terjadinya kampanye hitam dengan mengatasnamakan agama, money politic dan juga penyebaran-penyebaran berita hoaks," ujar Bagus.

Dirinya berharap para tokoh agama yang tergabung dalam FKUB Kota Kediri ini dapat turut mensosialisasikan dan mengajak para umat untuk berdemokrasi yang sehat berbasis etika dan moral Pancasila.

"Ke depan kami akan terus memasifkan edukasi dan sosialisasi politik dengan tujuan mencapai pemilu dan apabila ada ancaman konflik dapat segera tertangani dengan baik. Mari mengikuti politik ini dengan santun dan juga sukseskan Pemilu 2024," imbuh Bagus.

Sementara itu, saat ini KPU Kota Kediri juga bersiap menghadapi Pemilu 2024. KPU Kota Kediri telah melakukan proses pemilihan panitia kecamatan (PPK) dan telah terpilih sebanyak 15 orang.

"Untuk PPK sudah kami umumkan yang lolos. Setiap kecamatan ada tiga PPK, jadi totalnya ada 15 orang. Saat ini, kami juga bersiap untuk proses untuk proses rekrutmen PPS. Setiap kelurahan nanti ada tiga orang PPS, jadi dibutuhkan 138 orang," kata Komisioner KPU Kota Kediri Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas Moch Wahyudi.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini