Pekan HAM Hadirkan Tokoh Populer Indonesia Segera Dimulai Di Bogor

Editor: Redaksi author photo

Pekan HAM Hadirkan Tokoh Populer Indonesia Segera Dimulai Di Bogor
KALBARNEWS.CO.ID (KOTA BOGOR) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat bersama panitia Pekan Hak Asasi Manusia (HAM) segera memulai rangkaian diskusi panel menghadirkan tokoh-tokoh bidang hukum populer di Indonesia, gebyar ekonomi kreatif hingga penampilan seni dan budaya pada 3-12 Desember. Jumat (2 Desember 2022).

"Pekan HAM ini bertujuan untuk melakukan refleksi bersama semua pemangku kepentingan terkait progres dan pemajuan HAM, membangun ruang dialog, ajang ekspresi serta aksi kolaborasi seluruh pemangku kepentingan," kata Wali Kota Bogor Bima Arya saat dikonfirmasi dari Kota Bogor.

Menurut Bima, pemenuhan HAM dan pembangunan inklusif bukan hanya amanat konstitusi, tetapi juga esensi reformasi, demokrasi dan desentralisasi.

"Ini komitmen bersama. Pemajuan HAM dan inklusi sosial harus terus diupayakan terutama terkait permasalahan yang selama ini terus menjadi tantangan," ujarnya.

Bima menyampaikan, mengusung tema besar Kontekstualisasi Kearifan Lokal Dalam Pemajuan HAM dan Kota Inklusif', Pekan HAM Kota Bogor bertujuan untuk menunjukkan dan memperkuat komitmen bersama para pemangku kepentingan untuk pemajuan HAM dan inklusi sosial.

Pada diskusi panel tematik, Pekan HAM Kota Bogor akan mengundang narasumber tokoh dan aktivis baik nasional maupun lokal. Antara lain, Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly, Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko, Ketua KPK RI Firli Bahuri, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur The Wahid Institute Yenny Wahid, dan Ketua Komnas HAM RI Atnike Nova Sigiro.

Kemudian ada presenter Najwa Shihab, politisi Grace Natalie, pengamat politik Yunarto Wijaya, Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid, Rektor IPB Arif Satria, Rektor Universitas Katolik Parahyangan Mangadar Situmorang, Rektor Universitas Pakuan Didik Notosudjono, dan Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto.

Ada juga Koordinator Indonesia Corruption Watch/ICW Adnan Topan Husodo, Direktur Imparsial Gufron Mabruri, Komisioner Komnas HAM 2017-2022 Beka Ulung Hapsara, Setara Institute Ismail Hasani, Komisioner Komnas Perempuan Bahrul Fuad, Direktur Eksekutif Rumah Kita Lies Marcoes Natsir, beberapa duta besar dan wali kota hingga para tokoh serta aktivis lokal lain.

Ketua Pelaksana Pekan HAM yang juga Kabag Pemerintahan Setda Kota Bogor Marse Hendra Saputra memaparkan kegiatan akan dilangsungkan di seluruh kecamatan di Kota Bogor.

"Acara Puncak Pekan HAM akan dilaksanakan pada Senin (12/12) di Halaman Gedung Bakorwil dan BCC," kata Marse.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini