Pameran Produk Unggulan UMKM Ramaikan Peringatan HKSN Provinsi Banten

Editor: Redaksi author photo

Pameran Produk Unggulan UMKM Ramaikan Peringatan HKSN Provinsi Banten
KALBARNEWS.CO.ID (SERANG) -- Puluhan stan pameran produk unggulan UMKM Banten meramaikan puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Provinsi Banten Tahun 2022 di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Serang, Rabu (21 Desember 2022)

Sekretaris Dinas Sosial Banten Budi Darma di Serang, Rabu, mengatakan stan produk UMKM yang dihadirkan merupakan perwakilan dari organisasi perangkat daerah (OPD) di Banten dan perwakilan dari delapan kabupaten/kota.

Di antara produk UMKM tersebut sebagian besar olahan makanan seperti berbagai jenis kripik, olahan jahe merah, kerajinan tangan dari barang bekas, serta produk UMKM lainnya

"Sengaja kami undang produk UMKM ini untuk dipamerkan dalam upaya mempromosikan dan membangkitkan ekonomi kerakyatan. Sehingga kegiatan hari ini bukan hanya pada sisi kesetiakawanan sosialnya, tetapi ada nilai ekonominya juga," kata Budi Darma.

Sementara Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Pandeglang Nuriah mengatakan, pihaknya ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan Dinsos Provinsi Banten guna memeriahkan Peringatan HKSN Tahun 2022.

"Kami punya potensi di lapangan, terutama pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) jago membuat kue," kata Nuriah saat memamerkan produk makanan khas Pandeglang.

Bukan hanya pendamping PKH, ada juga dari hasil karya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) binaan yang dipamerkan di 'stand' tersebut, tujuannya untuk mempromosikan produk-produk UMKM lokal agar bisa dikenal oleh masyarakat luas, sehingga pemberdayaan ekonominya berjalan.

"Kami ada program PRSE atau Perempuan Rawan Sosial Ekonomi, melalui Kelompok Usaha Bersama (Kube) di situ kita kasih modal untuk pelaku UMKM," kata Nuriah.

Kelompok Usaha Bersama Perempuan Rawan Sosial Ekonomi (KUBE PRSE) merupakan program khusus perempuan yang ekonominya di dalam keluarga.

Adapun jenis makanan yang dipamerkan oleh Dinsos Pandeglang terdiri dari beberapa macam makanan khas lokal Kabupaten itu.

"Ada kue balok, Apem Kadu Bumbang, Jojorong, Pais, Bugis, opak, Emping, dan masih banyak makanan khas lokal Pandeglang lainnya," kata Nuriah.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini