Menkes Pastikan Layanan Kesehatan Anak Di Solo Berjalan Merata

Editor: Redaksi author photo

Menkes Pastikan Layanan Kesehatan Anak Di Solo Berjalan Merata
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memastikan layanan kesehatan yang diberikan untuk ibu dan anak di Solo, Jawa Tengah berjalan dengan baik dan merata. Sabtu (10 Desember 2022).

“Pelayanan kesehatan yang difokuskan ke arah pencegahan merupakan transformasi kesehatan di pilar pertama yakni transformasi layanan primer. Transformasi ini adanya di Puskesmas dan Posyandu,kata Menkes.


Dalam kunjungan ke Posyandu dan Puskesmas Gilingan di Solo pada Sabtu (10/12), Menkes memantau langsung 32 anak yang terdiri dari enam bayi dan 26 balita di Posyandu.


Posyandu yang dikunjungi oleh Menkes Budi, berlokasi di gedung serbaguna Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Sementara Puskesmas yang dipilih yakni Puskesmas Gilingan.

Saat pemantauan berlangsung, Menkes Budi ikut memperhatikan pengukuran berat dan tinggi badan, lingkar kepala serta pemeriksaan pada anak yang dijadikan langkah preventif oleh pemerintah guna melakukan deteksi dini dari berbagai penyakit.


Bagi anak-anak yang sudah selesai mengikuti pengukuran, masing-masing diberi makanan bergizi berupa daging ayam dan makanan karbohidrat lainnya.


"Ibu-ibu semangat terus melakukan pelayanan di Posyandu. Ini merupakan upaya supaya anak-anak kita sehat, dan bisa terdeteksi apabila anak kekurangan gizi atau memiliki masalah kesehatan lain," ujarnya.

Kemudian berlanjut ke Puskesmas Gilingan yang membawahi 32 Posyandu lansia dan 35 Posyandu anak.  Hasil pengukuran dan pemeriksaan kesehatan anak dan lansia dari Posyandu langsung ditindaklanjuti oleh Puskesmas dengan edukasi, pemeriksaan kesehatan lebih lanjut, dan pemberian makanan bergizi bagi anak.


Sejumlah layanan di Puskesmas Gilingan meliputi kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, imunisasi, layanan pemeriksaan umum, lansia di atas 59 tahun, kesehatan gigi dan mulut, difabel, KIA, imunisasi, klinik berhenti merokok, Manajemen Terpadu Bayi Muda (MTBM) dan Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS), poli umum, poli gigi, serta konseling dan tes HIV.


Layanan lain yang tersedia berupa laboratorium untuk pemeriksaan hematologi, pemeriksaan urine rutin, pemeriksaan kimia darah untuk gula, kolesterol, asam urat, HDL, LDL, SGOT, SGPT, urea, creatinine, total protein, albumin, bilirubin total.


Budi menyatakan pemerintah akan memfokuskan pelayanan kesehatan ke arah pencegahan atau promotif preventif, melalui transformasi kesehatan pilar pertama terkait layanan primer.

Kemenkes sendiri juga sedang melakukan revitalisasi Posyandu sebagai bentuk pencegahan dan bukan pengobatan.


“Ada sekitar 12 ribuan Puskesmas yang tersebar di semua wilayah Indonesia. Ada juga sejumlah program yang akan dilakukan diantaranya menata ulang jaringan fasilitas layanan kesehatan, seperti revitalisasi Posyandu agar menjadi lebih formal,” katanya. (Tim liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini