Kemenko PMK: Pemuda Harus Berperan Aktif Dalam Pembangunan SDM

Editor: Redaksi author photo

Kemenko PMK: Pemuda Harus Berperan Aktif Dalam Pembangunan SDM
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyatakan pemuda harus berperan aktif dalam pembangunan SDM guna mewujudkan generasi unggul dan berkualitas.

"Untuk mencapai SDM yang bermutu dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak, khususnya keterlibatan para pemuda," kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK Femmy Eka Kartika Putri dihubungi dari Jakarta. Jumat (16 Desember 2022).

Ia menjelaskan pembangunan SDM yang berkualitas harus dimulai sejak dini, antara lain tentang aspek kesehatan dan pendidikan.

"Dengan demikian maka akan mendukung berbagai upaya untuk mewujudkan SDM berkualitas dalam rangka menyambut bonus demografi," katanya.

Sumber daya manusia berkualitas, ujar dia, akan berperan strategis dalam mendukung perkembangan perekonomian, sosial, serta peningkatan kesejahteraan bangsa.

Dia menambahkan pemerintah mendorong para pemuda untuk terus meningkatkan keterampilan dan potensi diri.

"Pemerintah mendorong para pemuda untuk turut berkontribusi dalam pembangunan nasional, khususnya pembangunan SDM dengan cara meningkatkan keterampilan dan potensi diri," katanya.

Femmy juga mengingatkan perlunya para pemuda berpartisipasi aktif dalam berbagai isu di lingkungan terdekatnya, seperti pendidikan, kesehatan, gender, dan kepemimpinan.

Ia mengatakan Kemenko PMK terus mendorong seluruh kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya untuk terus mengoptimalkan pembangunan SDM guna mewujudkan generasi unggul dan berkualitas.

"Kemenko PMK juga terus meningkatkan sosialisasi mengenai pembangunan SDM berdasarkan siklus hidup merupakan prioritas Indonesia untuk menyongsong Bonus Demografi 2030 dan Indonesia Emas 2045," katanya.

Berdasarkan data dari BPS, mengenai statistik pemuda tahun 2021, kata dia, jumlah pemuda di Indonesia 64,92 juta jiwa.

"Para pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa dengan jumlah yang cukup besar ini diharapkan dapat berkontribusi positif dalam pembangunan dan membawa Indonesia menjadi negara maju, modern, dan berdaya saing," kata Femmy Eka Kartika Putri.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini