Dishub Sulsel Imbau Bus AKDP Hindari Jam Sibuk Jelang Natal-Tahun Baru

Editor: Redaksi author photo

Dishub Sulsel Imbau Bus AKDP Hindari Jam Sibuk Jelang Natal-Tahun Baru
KALBARNEWS.CO.ID (MAKASAR) - Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Selatan mengimbau kepada angkutan umum khususnya bus Angkutan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) agar tidak beroperasi pada jam sibuk jelang Natal dan Tahun Baru guna mencegah kemacetan di daerah tersebut. Selasa (20 Desember 2022).

Kepala Seksi Angkutan Dishub Sulsel Edisa Ade di Makassar, Selasa, mengatakan pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk mengamankan dan menjaga kelancaran selama libur akhir tahun.

"Jadi ini memang sifatnya hanya imbauan dan bukan wajib. Untuk himbauan ini kita harapkan bisa dijalankan mulai 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 mendatang," ujar Edisa Ade.

Pihaknya berharap bus angkutan agar dapat mengatur jam operasionalnya di saat waktu-waktu lengang, yakni jadwal keberangkatan bus setelah jam pulang kerja atau sebelum jam pulang kerja sehingga tidak menimbulkan kemacetan berhubung potensi padatnya kendaraan di saat libur panjang akhir tahun.

Dishub Sulsel sekaligus mengingatkan agar para sopir tidak menurunkan dan menaikkan penumpang di jalan atau masuk ke terminal.

Selain itu, Dishub Sulsel juga memetakan sejumlah ruas jalan rawan kemacetan dan kecelakaan saat memasuki libur natal dan tahun baru.

Adapun sejumlah ruas jalan yang harus menjadi perhatian dari pengendara itu antara lain di Jalan Ir Sutami, DR Leimena, Perintis Kemerdekaan dan Tamanggapa Makassar, Poros Malino Pakatto, Poros Bontosunggu, Poros Palangga Kabupaten Gowa, Poros Bulukumba-Sinjai, Poros Bira Bulukumba, Poros Palopo-Makassar, Poros Pangkep-Anabanua, Poros Parepare-Sidrap, Poros Pinrang-Parepare.

Selanjutnya adalah ruas jalan Poros Jeneponto-Bantaeng, Poros Kota Benteng, Poros Bunga Ejaya, Poros Makale-Enrekang, Poros Sengkang Atapange hingga Poros Rantepao-Makale.
(Tim liputan)

Editor : Aan
 

Share:
Komentar

Berita Terkini