Bulog Manokwari Siapkan 48 Ton Tepung Terigu Jelang Natal

Editor: Redaksi author photo

Bulog Manokwari Siapkan 48 Ton Tepung Terigu Jelang Natal
KALBARNEWS.CO.ID (MANOKWARI) - Badan Urusan Logistik (Bulog) Kabupaten Manokwari menyiapkan stok berupa 48 ton tepung terigu untuk menjawab kebutuhan masyarakat menjelang hari raya Natal 2022. Jumat (9 Desember 2022).

Kepala Bulog Manokwari, Firman Mando, di Manokwari, Jumat, menyatakan stok tersebut disediakan dan segera didistribusikan kepada mitra serta masyarakat luas dengan harga terjangkau.

"Tepung kita pastikan ada dan aman untuk hadapi hari raya Natal. Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk tepung itu di angka Rp14 ribu," ujar Firman.

Dia memastikan harga tepung dan sejumlah bahan pokok lain menjelang Natal masih akan stabil meskipun distribusi dilakukan ke sejumlah daerah lain yang jauh dari perkotaan.

Kata dia, tidak terpengaruhnya harga ke daerah yang jauh dari perkotaan disebabkan distribusi bahan pangan yang disiapkan negara itu sebagai bentuk menjaga ketersediaan bahan makanan untuk masyarakat.

Selain itu, dia menjelaskan bahan makanan pokok seperti beras masih tersedia sebanyak 5.540 ton yang tersebar antara lain di Kabupaten Manokwari 2.100 ton, Kota Sorong 1.820 ton, Kabupaten Fak-fak 1.200 dan Kabupaten Sorong Selatan sebanyak 420 ton beras.

Sama dengan tepung terigu, Firman menjamin harga beras masih akan berlaku sama di sejumlah wilayah di Papua Barat dikarenakan tidak terpengaruhnya Bulog atas biaya distribusi ke daerah.

"Stok kita berapapun banyaknya didistribusikan ke daerah pasti akan dijual sesuai harga yang sudah ditentukan. Itu karena kita tidak terpengaruh dengan biaya distribusi," ungkap Firman.

Stok komoditas lainnya seperti beras premium ada 418 ton, gula 115 ton dan minyak goreng ada 69 ribu liter dan akan masuk lagi minyak goreng 48 ribu liter.

Bulog masih konsisten dengan harga kebutuhan seperti minyak goreng yang dijual dengan harga Rp14 ribu per liter, kemudian gula pasir seharga 14 ribu per kilo dan beras premium 11 ribu per kilo.

"Kenapa kita hadir, ya karena untuk menjaga harga ini selalu stabil termasuk menjaga stok kita selalu tersedia untuk tiga bulan ke depan," kata dia. (Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini