BMKG: Potensi Hujan Lebat Di Sertai Petir/Kilat Dan Angin Masih Terjadi

Editor: Redaksi author photo

BMKG: Potensi Hujan Lebat Di Sertai Petir/Kilat Dan Angin Masih Terjadi
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pontianak, Provinsi kalimantan Barat menyatakan potensi hujan di wilayah Kalimantan Barat masih harus tetap diwaspadai. Jumat (2 Desember 2022)

Cuaca yang masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir serta angin kencang, terjadi di wilayah kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sambas, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Pontianak.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak   Slamet Wiyono, S.T menyebutkan  cuaca hujan yang disertai petir/kilat  dan angin kencang  berdurasi singkat. Wilayah yang berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yaitu di sebagian wilayah  Kabupaten Kapuas Hulu.

BMKG juga mengeluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi yang berlaku tanggal 02 Desember 2022 Pukul 07.00 Wib – 04 Desember 2022.

 Dengan Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Laut – Timur Lautdengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Selatan - Barat dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Malaka, Perairan Riau, Laut Natuna Utara.

 Tinggi Gelombang 1.25 - 2.5 Meter (Sedang) Berpeluang terjadi di : - Perairan utara Kep. Anambas - Perairan barat Kep. Natuna - Perairan selatan Kep. Anambas - Perairan selatan Kep. Natuna - P. Midai - Perairan utara Kep. Natuna - Perairan Kep. Subi - Serasan - Laut Natuna.

 Tinggi Gelombang 2.5 - 4.0 Meter (Tinggi) Berpeluang Terjadi Di : - Laut Natuna Utara

 Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran: Perahu Nelayan(Kecepatanangin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angina lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar(Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.(Tim liputan)

Editor : Aan




 

Share:
Komentar

Berita Terkini