Bawaslu Kepri Bentuk Saka Adhyasta Pemilu 2024

Editor: Redaksi author photo

Bawaslu Kepri Bentuk Saka Adhyasta Pemilu 2024
KALBARNEWS.CO.ID (TANJUNG PINANG) kp - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kepulauan Riau membentuk Saka Adhyasta Pemilu 2024 untuk meningkatkan partisipasi pemilih sekaligus meningkatkan pengawasan pemilu. Jumat (2 Desember 2022).

Anggota Bawaslu Kepri Indrawan di Tanjungpinang, Jumat mengatakan, pembentukan Saka Adhyasta Pemilu 2024 merupakan program nasional. Saka Adhyasta tingkat provinsi dibentuk setelah bawaslu kabupaten dan kota membentuk organisasi itu.

Anggota Saka Adhyasta Pemilu 2024 merupakan pelajar SMA dan mahasiswa yang menjadi anggota atau pengurus Gerakan Pramuka.

"Sekarang masih proses rekrutmen anggota Saka Adhyasta Pemilu tingkat kabupaten dan kota, kemudian dilanjutkan tingkat provinsi. Jumlah anggota Saka Adhyasta Pemilu 2024 diperkirakan mencapai 400-500 orang, yang menyebar di tujuh kabupaten dan kota," ujarnya.

Menurut dia, Saka Adhyasta Pemilu 2024 berperan dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu agar berjalan bebas dan adil dengan mencegah terhadap praktik pelanggaran pemilu. Pembentukan Saka Adhyasta Pemilu 2024 diharapkan menjadi pelopor dan inspirator bagi pemuda-pemudi bangsa untuk berpartisipasi dalam pengawasan pemilu.

Pembentukan Saka Adhyasta Pemilu 2024 bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu, menciptakan pemilu yang bebas, umum, langsung dan rahasia. Organisasi ini juga seperti sekolah demokrasi bagi anggota Pramuka di bidang pengawasan pemilu.

Anggota Saka Adhyasta Pemilu 2024 juga mendapatkan pendidikan khusus pengawasan pemilu.

Sementara sasaran pembentukan Saka Adhyasta Pemilu 2024 yakni memperluas pengawasan pemilu ke pemilih pemula, mewujudkan calon aparatur pengawas pemilu, menciptakan aktor pengawas pemilu.

"Kegiatan Saka Adhyasta Pemilu 2024 seperti meningkatkan pengetahuan pengawasan pemilu dalam kegiatan kepramukaan, dan meningkatkan keterampilan dalam pengawasan partisipatif dalam kegiatan kepramukaan," ujarnya.  
(Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini