Peng Liyuan dorong Tiongkok, Indonesia Agar Meningkatkan Kerja Sama Dalam Bidang Kesejahteraan Rakyat

Editor: Redaksi author photo

Peng Liyuan dorong Tiongkok, Indonesia Agar Meningkatkan Kerja Sama 
KALBARNEWS.CO.ID (BEIJING) -- Peng Liyuan, istri Presiden Tiongkok Xi Jinping, mendorong Tiongkok dan Indonesia agar mempererat kerja sama dalam bidang kesejahteraan umum, serta bersama-sama meningkatkan mata pencaharian dan taraf hidup rakyat.Jumat (18 November 2022).

Hal ini disampaikan Peng ketika bertemu dengan Ibu Negara Indonesia Joko Widodo, Rabu sore lalu.

Peng sangat memuji antusiasme Iriana dalam bidang kesejahteraan umum, serta menjelaskan kebijakan aktif dan pencapaian Tiongkok dalam pengobatan dan perawatan tuberculosis (TB) dan HIV/AIDS kepada Iriana.

Peng menjadi Duta Kehormatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam Penanganan TB dan HIV/AIDS sejak Juni 2011. Dia juga telah lama memperjuangkan penanganan kedua penyakit tersebut di tingkat dunia. Menyampaikan sambutan lewat video di sebuah konferensi Hari TB Sedunia 2022 yang digelar WHO pada 24 Maret lalu, dia menceritakan pengalamannya ketika berkunjung ke beberapa fasilitas medis, sekolah, dan komunitas sejak terlibat dalam pencegahan anti-TB pada satu dekade lalu.

Dalam sesi pembukaan ajang tingkat tinggi khusus di sela-sela United Nations High-Level Meeting on AIDS pada Juni 2021, Peng mendorong anggota masyarakat dari segenap lapisan di seluruh negara agar bersatu dan bertindak memperkuat pencegahan dan pengobatan AIDS serta TB. Hal ini bertujuan mendatangkan manfaat bagi seluruh manusia dan membangun komunitas kesehatan dunia bagi semua pihak.

Di sebuah acara pada Rabu lalu, mahasiswa Tourism Confucius Institute, Universitas Udayana, Bali, mengenakan pakaian adat, menyanyikan lagu Indonesia "Bengawan Solo" dalam bahasa Mandarin.

Peng memuji penampilan mahasiswa tersebut, dan berterima kasih atas dukungan musisi yang mendampingi mereka. Beberapa mahasiswa bahkan menyapanya dengan hangat sambil berseru "Halo, Ibu Peng!", dan Peng pun membalasnya dengan gembira.

Dia bertanya tentang studi dan keseharian mahasiswa, mendorong mereka agar rajin belajar bahasa Mandarin, serta mengajak berbagai generasi muda Indonesia untuk berkunjung ke Tiongkok, mempelajari budaya Tiongkok, serta menjadi dua kerja sama Tiongkok-Indonesia.

Ditemani Iriana, Peng juga menyaksikan pertunjukan budaya Indonesia, serta pameran produk kriya.

Perempuan lokal, berpakaian adat, menampilkan "Tari Pendet" khas Bali untuk menyambut Peng. Lalu, Peng berbincang-bincang dengan mereka, serta mengagumi sutra buatan tangan yang menampilkan ciri khas Bali sebagai produk yang indah.

Peng dan Iriana juga menikmati sajian teh, saling bercerita tentang kehidupan keluarga, dan menikmati musik.(Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini