Paulus Ade: DPD REPDEM Kalbar Gelar Perayaan HUT Ke-18 Tahun

Editor: Redaksi author photo

 DPD REPDEM Kalbar Gelar Perayaan HUT Ke-18 Tahun 
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Dewan Pimpinan Daerah Relawan Perjuangan Demokrasi Provinsi Kalimantan Barat ( DPD REPDEM Kalbar), Beraudiensi dengan Gubernur Kalbar di ruang rapat Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kesbangpol Provinsi Kalimantan Barat, Yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol  Kalbar  Drs.Hermanus, M.Si. Kamis (24 November 2022).

Ketua DPD REPDEM Kalbar Paulus Ade Sukma Yadi  menyampaikan bahwa maksud dan tujuan audiensi tersebut adalah untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat.  dalam audiensi tersebut kita memaparkan bahwa DPD REPDEM Kalbar akan menggelar Seminar Nasional dengan tema “Ketahanan Nasional” dan menggelar panggung seni budaya yang akan dimeriahkan oleh artis nasional yaitu Marjinal Band kolaborasi dengan Fery Sape dan Kentung sape.

"Ada empat acara inti yang akan kita gelar, pertama adalah lomba film dokumenter (Soliditas Marhaenis) dimana kita berharap video tersebut berisikan perjuangan-perjuangan kaum marhaen (buruh, tani, nelayan, kaum miskin kita dan mahasiwa) dalam mempertahankan hak hidup dan lainnya, lomba ini akan digelar mulai tanggal 1-10 Desember 2022 dan pemenang akan diumumkan tanggal 12 Desember 2022. Kedua ada perlombaan sape yang kita ambil adalah umur 17-25 tahun, mengingat sape adalah alat musik ciri khas Kalbar dan alunan petikannya mengeluarkan suara ciri khas,  maka kita berharap para pemenang nantinya akan kita promosikan hingga ke nasional dan menjadi generasi penerus pecinta seni budaya, Lomba sape akan kita gelar pada tgl 16 Desember 2022 di Selasar Rumah Radakng," jelas Ketua DPD REPDEM Kalbar.

Ade menambahkan selanjutnya kita menggelar Seminar Nasional dengan Tema “Ketahan Nasional” hingga hari ini telah terkonfimasi  beberapa narasumber yang akan menjadi pemateri adalah Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia (WAMENTAN RI) yaitu  Harvick Hasnul Qolbi, Gubernur KalBar yang akan diwakili oleh Kepala Kesbangpol KalBar yaitu  Hermanus, untuk DPR RI telah terkonfirmasi Lasarus selaku Ketua Komisi V DPR RI juga terkonfirmasi akan hadir, Krisantus Kurniawan Anggota Komisi I DPR RI juga terkonfirmasi akan hadir, Cornelis Anggota Komisi II dan Banggar DPR RI masih menunggu konfirmasi kehadiran, untuk Pangdam dan Kapolda Kalbar  serta Walikota kita sudah melayangkan surat tinggal menunggu dipanggil untuk beraudiensi. Seminar Nasional yang akan digelar akan melibatkan 300 orang peserta dimana kita mengundang 60 perwakilan organisasi yaitu lima orang per organisasi. Seminar akan digelar di Aula Lantai II Rumah Radakng Pontianak.

"Untuk malam puncak  Perayaan HUT REPDEM Kalbar kita menggelar Panggung Seni dan Budaya yang akan menampilkan pemenang lomba sape, tarian Cina Dayak Melayu (CIDAYU), pemutaran Film dokumenter khusus yang juara satu dan potong tumpeng. Panggung Seni dan Budaya juga akan kita meriahkan dengan beberapa penampilan, pada opening ada penampilan Kartel Performance puncaknya akan dihibur oleh Marjinal Band salah satu band nasional yang kita lihat lagu-lagunya tentang perjuangan-perjuangan boleh kita katakan hingga hari ini masih digunakan mahasiswa setiap turun kejalan saat mereka turun kejalan memperjuangkan hak-hak masyarakat, misalnya lagu Buruh Tani, Darah Juang dan Luka Kita yang akan dikolaborasikan dengan  pemain sape sebagai bentuk kita menjunjung tinggi kearifan local, yaitu penampilan kolaborasi lagu-lagu Marjinal, Fery Sape dan Kentung Sape," ucap Ade

Di jelaskan Ade, kita juga akan menampilkan  video profile serta kegiatan-kegiatan REPDEM selama 2 tahun  kepengurusan yang di nahkodai Paulus Ade Sukma Yadi hingga 2024 mendatang. Pagelaran Panggung Seni dan Budaya yang berminat menonton kita Gratiskan. Yang akan kita gelar pada 16 Desember pukul 19.00-23.00 Wib tersebut kita berkoordinasi dengan pihak aparat keamanan dan menjunjung tinggi PROKES. (Tim Liputan).
Editor : Aan
Share:
Komentar

Berita Terkini