KALBARNEWS.CO.ID (BANDUNG) -- Evermos menang penghargaan prestisius
atas komitmennya pada kesetaraan gender, yaitu UN Women 2022 Indonesia Women
Empowerment Principles (WEP's) Award untuk kategori Transparency &
Reporting. Evermos Sabet Penghargaan dari UN Women
Dengan mengimplementasikan framework yang akuntabel untuk meningkatkan indikator gender, social commerce asal Bandung ini berhasil menyabet posisi pertama yang sebelumnya dipegang oleh unicorn terkemuka. Setelah proses kurasi setidaknya 100 kandidat perusahaan, startup, dan UKM dari berbagai kota di Indonesia, penghargaan ini diberikan secara langsung di Jakarta pada awal November 2022. Senin (21 November 2022).
Risa E. Rustam, Director of Finance & Human Resource
Indonesia Stock Exchange sebagai
juri independen bersama para ahli pemberdayaan perempuan, menyampaikan pada
pengumuman pemenang UN Women 2022 Indonesia WEPs Award, "Kategori
Transparency and Reporting mengapresiasi komitmen transparansi dan pelaporan data
gender untuk terus mengukur (measure), menganalisis (analyze),
dan melaporkan (report) performa kebijakan dan praktek kesetaraan gender
ke seluruh rantai nilai (value chain) perusahaan." Penghargaan yang
didukung oleh Uni Eropa ini diadakan untuk mengangkat praktek kesetaraan gender
yang baik sebagai percontohan.
Ghufron
Mustaqim, CEO dan Co-Founder Evermos,
menyampaikan saat diwawancara, "Evermos terlahir dari visi membuat
wirausaha lebih mudah dan inklusif. Maka dari itu, pemberdayaan perempuan merupakan
bagian yang tak dapat terlepas dari Evermos sejak hari pertama. Kami membangun
jalur komunikasi khusus untuk terus menyuarakan program pemberdayaan perempuan
Evermos ke seluruh ekosistem perusahaan."
Ciptakan
pemberdayaan perempuan ke seluruh ekosistemnya, Evermos memulainya dari
internal perusahaan
Sebesar
73% dari 500.000 reseller Evermos merupakan perempuan di luar
kota besar dan mayoritas merupakan Ibu Rumah Tangga. Mereka berjuang untuk
menambah pemasukan keluarganya tanpa harus meninggalkan perannya sebagai ibu,
istri, maupun saudari di rumah. Dikenal sebagai social commerce nomor
1 di Indonesia, Evermos menyediakan dampingan dan dukungan yang
komprehensif secara end-to-end bagi mereka hingga bisa
berjualan dengan profesional.
Sementara
di sisi lain, brand dan UKM lokal membutuhkan jaringan
penjualan yang dapat mencapai luar kota-kota besar untuk menumbuhkan usahanya.
Tak jarang, konsumen di luar kota besar juga kesulitan dalam mendapatkan barang
yang berkualitas dan terjangkau. Hal ini mendorong lebih dari 1000 brand untuk
bergabung dengan Evermos dan hampir setengahnya dipimpin oleh perempuan.
Untuk
dapat memberikan berbagai dampak tersebut, Evermos memulai semangat
pemberdayaannya dari dalam perusahaan. "Evermos berikhtiar untuk
memberikan keteladanan bagaimana kami mendukung kesetaraan gender. Harapannya
dapat menjadi inspirasi bagi stakeholders lain di ekosistem kami untuk
melakukan hal yang sama bahkan dengan lebih baik." lanjut Ghufron.
Evermos
mengadakan beberapa program internal mulai dari seminar, pelatihan, kebijakan
lokasi kerja fleksibel (flexible working arrangement) termasuk untuk para
Ibu, serta gerakan #MelangkahBersama yang menjamin lingkungan kerja suportif
dan aman terutama dari intimidasi, diskriminasi, dan gangguan. Pada Hari
Ibu kemarin, Evermos mendatangkan psikolog untuk berbagi wawasan tentang
serba-serbi yang dialami oleh seorang Ibu. Di luar dugaan pemateri, dari
ratusan pegawai internal perusahaan yang menjadi peserta, tidak sedikit
laki-laki ikut bergabung untuk dapat lebih memahami perempuan.
Memperkuat
komitmen kesetaraan gender dengan membentuk tim khusus dan memenangkan berbagai
penghargaan
Pada
akhir tahun 2021, Evermos menjadi penandatangan WEPs dari UN Women dan
membentuk tim women empowerment yang terdiri dari anggota
lintas departemen. Tim ini bertujuan untuk membuat pemberdayaan perempuan di
dalam perusahaan menjadi semakin jelas, terpantau, dan transparan. Termasuk
merancang laporan program pemberdayaan perempuan yang selama ini dan
selanjutnya terlaksana di Evermos.
Tim women
empowerment Evermos juga mengimplementasikan alat dari WEPs, Gender
Gap Analysis Tools (GGAT), yang dirancang untuk menilai kinerja penerapan
kesetaraan gender di 4 kuadran: kepemimpinan (leadership), tempat kerja
(workplace), marketplace, serta komunitas (community).
Dalam jeda waktu satu kuartal di awal tahun 2022, Evermos memperbaiki struktur,
komunikasi, serta komitmen masing-masing departemen, sehingga berhasil mendapat
34% peningkatan nilai GGAT menjadi 51% di kuartal kedua.
Sejak kehadiran tim women empowerment tersebut, program-program pemberdayaan perempuan di Evermos terdokumentasi lebih baik.
Tahun ini saja,
Evermos memenangkan dua penghargaan prestisius sekaligus untuk komitmennya
dalam kesetaraan gender. Yang pertama adalah 3G Championship Award 2022 oleh
Cambridge International Financial Advisory di Dubai, Evermos menang untuk
kategori Women Empowerment. Kedua adalah Transformational Business Awards 2022 yang
diadakan oleh media terkemuka Financial Times dan anggota World Bank Group,
International Finance Corporation, untuk kategori Gender-lens Finance.
"Penghargaan
ini sebagai tanda bahwa upaya Evermos untuk memberdayakan
wanita Indonesia selangkah lebih maju membangun kesejahteraan yang
semakin inklusif. Tujuan kami ingin memberikan dampak lebih luas. Ada sekitar
30 juta pelaku usaha wanita yang bisa kami dukung, ini adalah langkah
awal." tutup Ghufron.
Evermos merupakan social commerce nomor 1 di Indonesia (berdasarkan riset dari Populix dan Tech in Asia) yang hadir untuk membantu brand menjangkau lebih banyak pelanggan, reseller memperoleh penghasilan tambahan, dan konsumen untuk mendapatkan produk berkualitas. Dengan visi #EkonomiGotongRoyong, Evermos menyediakan ekosistem yang suportif dan komprehensif secara end-to-end bagi ketiga stakeholders tersebut. Journey ini dimulai dari aplikasi Evermos yang berisi interface produk, marketing & sales kit, pelatihan untuk reseller, hingga ke laman transaksi.
Evermos
berkomitmen penuh untuk mendukung Pemerintah mewujudkan ekonomi
inklusif terutama bagi masyarakat di luar kota Tier 1, melalui transformasi
digital dan pembukaan lapangan pekerjaan. Selain dampak
bisnis, dampak sosial juga menjadi komitmen dari Evermos, antara lain
dengan empowering grassroot, women and a mother
at work (lebih dari 70% reseller Evermos
merupakan perempuan).
Evermos
berhasil mendapatkan pendanaan Seri B di tahun 2021 senilai lebih dari Rp
540 Milyar. Di tahun yang sama, Evermos berhasil masuk ke dalam
daftar prestisius Forbes Asia 100 to Watch sebagai salah satu
dari 100 perusahaan baru di wilayah Asia-Pasifik yang mampu memberikan
perubahan sosial dan bertumbuh dengan cepat. Evermos juga merupakan anggota
dari Global Innovator bagian dari World Economic Forum dan
berpartisipasi aktif dalam pembahasan ekonomi dunia, khususnya pada sektor
UMKM.
Pada
tahun 2022, Evermos berhasil mengumpulkan 5 prestasi sekaligus, yakni masuk ke
dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia, memenangkan
Internasional 3G Championship Award for Women Empowerment oleh Cambridge IFA
di Dubai, menjadi bagian dari Endeavor Entrepreneur, mendapatkan
penghargaan dari Financial Times dan International Finance Corporation yaitu
Transformational Business Awards 2022 untuk kategori Gender-Lens Finance, serta
diberikan penghargaan dari UN Women Indonesia Women's Empowerment Principles
Award 2022 untuk kategori Transparency & Reporting.(Tim Liputan)
Editor : Aan