Evermos Sabet Penghargaan dari UN Women, Indonesia Women Empowerment Principles Award 2022

Editor: Redaksi author photo

Evermos Sabet Penghargaan dari UN Women
KALBARNEWS.CO.ID (BANDUNG) -- Evermos menang penghargaan prestisius atas komitmennya pada kesetaraan gender, yaitu UN Women 2022 Indonesia Women Empowerment Principles (WEP's) Award untuk kategori Transparency & Reporting. 

Dengan mengimplementasikan framework yang akuntabel untuk meningkatkan indikator gender, social commerce asal Bandung ini berhasil menyabet posisi pertama yang sebelumnya dipegang oleh unicorn terkemuka. Setelah proses kurasi setidaknya 100 kandidat perusahaan, startup, dan UKM dari berbagai kota di Indonesia, penghargaan ini diberikan secara langsung di Jakarta pada awal November 2022. Senin (21 November 2022).

Risa E. Rustam, Director of Finance & Human Resource Indonesia Stock Exchange sebagai juri independen bersama para ahli pemberdayaan perempuan, menyampaikan pada pengumuman pemenang UN Women 2022 Indonesia WEPs Award, "Kategori Transparency and Reporting mengapresiasi komitmen transparansi dan pelaporan data gender untuk terus mengukur (measure), menganalisis (analyze), dan melaporkan (report) performa kebijakan dan praktek kesetaraan gender ke seluruh rantai nilai (value chain) perusahaan." Penghargaan yang didukung oleh Uni Eropa ini diadakan untuk mengangkat praktek kesetaraan gender yang baik sebagai percontohan.


Ghufron Mustaqim, CEO dan Co-Founder Evermos, menyampaikan saat diwawancara, "Evermos terlahir dari visi membuat wirausaha lebih mudah dan inklusif. Maka dari itu, pemberdayaan perempuan merupakan bagian yang tak dapat terlepas dari Evermos sejak hari pertama. Kami membangun jalur komunikasi khusus untuk terus menyuarakan program pemberdayaan perempuan Evermos ke seluruh ekosistem perusahaan."


Ciptakan pemberdayaan perempuan ke seluruh ekosistemnya, Evermos memulainya dari internal perusahaan

Sebesar 73% dari 500.000 reseller Evermos merupakan perempuan di luar kota besar dan mayoritas merupakan Ibu Rumah Tangga. Mereka berjuang untuk menambah pemasukan keluarganya tanpa harus meninggalkan perannya sebagai ibu, istri, maupun saudari di rumah. Dikenal sebagai social commerce nomor 1 di Indonesia, Evermos menyediakan dampingan dan dukungan yang komprehensif secara end-to-end bagi mereka hingga bisa berjualan dengan profesional.


Sementara di sisi lain, brand dan UKM lokal membutuhkan jaringan penjualan yang dapat mencapai luar kota-kota besar untuk menumbuhkan usahanya. Tak jarang, konsumen di luar kota besar juga kesulitan dalam mendapatkan barang yang berkualitas dan terjangkau. Hal ini mendorong lebih dari 1000 brand untuk bergabung dengan Evermos dan hampir setengahnya dipimpin oleh perempuan.

Untuk dapat memberikan berbagai dampak tersebut, Evermos memulai semangat pemberdayaannya dari dalam perusahaan. "Evermos berikhtiar untuk memberikan keteladanan bagaimana kami mendukung kesetaraan gender. Harapannya dapat menjadi inspirasi bagi stakeholders lain di ekosistem kami untuk melakukan hal yang sama bahkan dengan lebih baik." lanjut Ghufron.


Evermos mengadakan beberapa program internal mulai dari seminar, pelatihan, kebijakan lokasi kerja fleksibel (flexible working arrangement) termasuk untuk para Ibu, serta gerakan #MelangkahBersama yang menjamin lingkungan kerja suportif dan aman terutama dari intimidasi, diskriminasi, dan gangguan. Pada Hari Ibu kemarin, Evermos mendatangkan psikolog untuk berbagi wawasan tentang serba-serbi yang dialami oleh seorang Ibu. Di luar dugaan pemateri, dari ratusan pegawai internal perusahaan yang menjadi peserta, tidak sedikit laki-laki ikut bergabung untuk dapat lebih memahami perempuan.


Memperkuat komitmen kesetaraan gender dengan membentuk tim khusus dan memenangkan berbagai penghargaan

Pada akhir tahun 2021, Evermos menjadi penandatangan WEPs dari UN Women dan membentuk tim women empowerment yang terdiri dari anggota lintas departemen. Tim ini bertujuan untuk membuat pemberdayaan perempuan di dalam perusahaan menjadi semakin jelas, terpantau, dan transparan. Termasuk merancang laporan program pemberdayaan perempuan yang selama ini dan selanjutnya terlaksana di Evermos.


Tim women empowerment Evermos juga mengimplementasikan alat dari WEPs, Gender Gap Analysis Tools (GGAT), yang dirancang untuk menilai kinerja penerapan kesetaraan gender di 4 kuadran: kepemimpinan (leadership), tempat kerja (workplace), marketplace, serta komunitas (community). Dalam jeda waktu satu kuartal di awal tahun 2022, Evermos memperbaiki struktur, komunikasi, serta komitmen masing-masing departemen, sehingga berhasil mendapat 34% peningkatan nilai GGAT menjadi 51% di kuartal kedua.

Sejak kehadiran tim women empowerment tersebut, program-program pemberdayaan perempuan di Evermos terdokumentasi lebih baik. 


Tahun ini saja, Evermos memenangkan dua penghargaan prestisius sekaligus untuk komitmennya dalam kesetaraan gender. Yang pertama adalah 3G Championship Award 2022 oleh Cambridge International Financial Advisory di Dubai, Evermos menang untuk kategori Women Empowerment. Kedua adalah Transformational Business Awards 2022 yang diadakan oleh media terkemuka Financial Times dan anggota World Bank Group, International Finance Corporation, untuk kategori Gender-lens Finance.

"Penghargaan ini sebagai tanda bahwa upaya Evermos untuk memberdayakan wanita Indonesia selangkah lebih maju membangun kesejahteraan yang semakin inklusif. Tujuan kami ingin memberikan dampak lebih luas. Ada sekitar 30 juta pelaku usaha wanita yang bisa kami dukung, ini adalah langkah awal." tutup Ghufron.


Evermos merupakan social commerce nomor 1 di Indonesia (berdasarkan riset dari Populix dan Tech in Asia) yang hadir untuk membantu brand menjangkau lebih banyak pelanggan, reseller memperoleh penghasilan tambahan, dan konsumen untuk mendapatkan produk berkualitas. Dengan visi #EkonomiGotongRoyong, Evermos menyediakan ekosistem yang suportif dan komprehensif secara end-to-end bagi ketiga stakeholders tersebut. Journey ini dimulai dari aplikasi Evermos yang berisi interface produk, marketing & sales kit, pelatihan untuk reseller, hingga ke laman transaksi.

Evermos berkomitmen penuh untuk mendukung Pemerintah mewujudkan ekonomi inklusif terutama bagi masyarakat di luar kota Tier 1, melalui transformasi digital dan pembukaan lapangan pekerjaan. Selain dampak bisnis, dampak sosial juga menjadi komitmen dari Evermos, antara lain dengan empowering grassrootwomen and a mother at work (lebih dari 70% reseller Evermos merupakan perempuan).


Evermos berhasil mendapatkan pendanaan Seri B di tahun 2021 senilai lebih dari Rp 540 Milyar. Di tahun yang sama, Evermos berhasil masuk ke dalam daftar prestisius Forbes Asia 100 to Watch sebagai salah satu dari 100 perusahaan baru di wilayah Asia-Pasifik yang mampu memberikan perubahan sosial dan bertumbuh dengan cepat. Evermos juga merupakan anggota dari Global Innovator bagian dari World Economic Forum dan berpartisipasi aktif dalam pembahasan ekonomi dunia, khususnya pada sektor UMKM.


Pada tahun 2022, Evermos berhasil mengumpulkan 5 prestasi sekaligus, yakni masuk ke dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia, memenangkan Internasional 3G Championship Award for Women Empowerment oleh Cambridge IFA di Dubai, menjadi bagian dari Endeavor Entrepreneur, mendapatkan penghargaan dari Financial Times dan International Finance Corporation yaitu Transformational Business Awards 2022 untuk kategori Gender-Lens Finance, serta diberikan penghargaan dari UN Women Indonesia Women's Empowerment Principles Award 2022 untuk kategori Transparency & Reporting.(Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini