BKKBN Sultra Percepat Terbentuknya Kampung KB Dan Dashat

Editor: Redaksi author photo

BKKBN Sultra Percepat Terbentuknya Kampung KB Dan Dashat
KALBARNEWS.CO.ID (KENDARI) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Sulawesi Tenggara mempercepat terbentuknya kampung keluarga berkualitas dan Dapur sehat atasi stunting (Dashat) di daerah itu. Rabu (30 November 2022).

Kepala Perwakilan BKKBN Sultra Asmar mengatakan kampung keluarga berkualitas dan dapur sehat atasi stunting ini merupakan salah satu strategi BKKBN untuk melakukan pencegahan stunting, mengingat masalah gizi ini harus dapat tersosialisasi hingga ke masyarakat bawah.

"Memang Dashat ini merupakan strategi dari BKKBN untuk menurunkan angka stunting, apalagi masalah gizi ini harus dapat tersosialisasikan di masyarakat," ujar Asmar.

Menurut Asmar salah satu cara yang dilakukan untuk terus mendukung upaya menurunkan angka stunting adalah dengan mengalokasikan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) BKKBN di tahun 2023 mendatang dimana setiap kampung keluarga berkualitas dan dapur sehat atasi stunting akan mendapatkan 10 kegiatan.

"Kalau Dashat untuk tahun depan di dukung dengan adanya dana DAK BKKBN Insya Allah, nanti ada 10 kegiatan setiap kampung keluarga berkualitas," ujarnya.

Sementara itu kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Kendari Juhuddin mengatakan untuk target pembentukan kampung keluarga berkualitas dan dapur sehat atasi stunting di kota Kendari sebanyak 22 dimana setiap kecamatan harus memiliki dua dapur sehat atasi stunting yang di kolaborasikan dengan kampung keluarga berkualitas.

"Jadi target kita untuk dapur sehat atasi stunting kota Kendari 22 dimana setiap kecamatan harus memiliki dua dapur sehat atasi stunting yang nantinya dikolaborasikan dengan kampung KB," tutur Juhuddin.

Juhuddin berharap dengan adanya dapur sehat atasi stunting ini bisa memberikan edukasi kepada masyarakat begitu pentingnya memberikan asupan gizi yang cukup dan sehat terhadap ibu hamil dan balita dalam bentuk stimulus.

"Tentu kita harap dengan adanya Dashat ini bisa memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya memberikan asupan gizi," harapnya.

Lebih lanjut Juhuddin menambahkan berdasarkan data yang dimiliki untuk dapur sehat atasi stunting di Kota Kendari sudah terbentuk sebanyak 11 dan sisanya di target bisa tuntas di tahun 2022.
(Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini