Polda Kalbar : Ormas Berperan Aktif Memelihara Ketertiban dan Keamanan Masyarakat.

Editor: Redaksi author photo



KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK)
  – Organisasi masyarakat dan keagamaan diharapkan berperan aktif dalam rangka ikut bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di Kalimantan Barat.

Hal ini disampaikan oleh Polda Kalbar yang diwakili oleh   Hasbullah.AR, SH saat menjadi narasumber dalam agenda Focus Group Discussion (FGD) Series perdana yang  digelar  di Aula Sekretariat FKUB Kalbar dan  disiarkan secara langsung melalui Laman Fanspage FKUB Kalbar. Selasa (16 Agustus 2022)

Peran serta masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat bersama-dalam upaya mendukung pihak kepolisian dalam pelayanan pemeliharaan ketertiban dan keamanan masyarakat melalui perlindungan, pengayoman serta penegakan hukum.

Dianatara  gangguan ketertiban dan keamanan ialah disebabkan karena adanya niat dan kesempatan yang dhadapi oleh para pelakuknya. Oelh karena itu perlu berbagai tindakan  preemtif preventif yang dilakukan secara proaktif, dan melakukan deteksi dini terhadap berbagai gangguan ketertiban dan keamanan serta membangun jejaring dengan berbagai pihak. 

Dalam menghadapi situasi dan menciptakan ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat, peran ormas sangat diperlukan antara lain: tidak menjadikan fanatisme ormas sebagai alasan untuk berbuat anarkisme dan perpecahan di masyarakat, Tidak terlibat dalam gerakan radikalisme dan terorisme, serta menjadi motivator dalam mememilahara KANTIBMAS.

“Salah satu Harapan Kapolda Kalbar ialah mengajak masyarakat untuk terlibat aktif dan berpartisipasi dalam mensosialisasikan berbagai kebijakan pemerintah terhadap masyarakat serta tidak terlibat dengan berbagai kegiatan ilegal dan melanggar hukum.” ujarnya. (Tim Liputan )

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini