Ops Bina Karuna Kapuas II Polda Kalbar Lakukan Patroli Cegah Karhutla

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA)  - Personel Satbrimob Polda Kalbar yang tergabung didalam Operasi Bina Karuna Kapuas II lakukan patroli preventis antisipasi terjadinya karhutla di wilayah hukum Polda Kalbar. Sabtu (20  Agustus 2022).

Personel Satbrimob Polda Kalbar yang tergabung didalam Operasi Bina Karuna Kapuas II lakukan patroli di daerah yang dianggap rawan akan terjadinya karhutla diwilayah hukum Polda Kalbar. Patroli yang dilakukan oleh personel Satbrimob Polda Kalbar  bertujuan untuk mencegah oknum masyarakat yang hendak membuka lahan sembarangan seperti dengan cara  sengaja membakarnya. 

Kegiatan patroli preventif  dilakukan di beberapa desa yang berada di Kabupaten Kubu Raya. Personel Satbrimob Polda Kalbar juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya dan juga hukuman apabila mereka melakukan pembakaran lahan. Dijelaskan juga tentang dampak yang akan muncul akibat karhutla seperti bisa menyebabkan polusi udara yang mengakibatkan lalu lintas udara terganggu, penyakit saluran pernapasan (ISPA), merusak ekosistem dan dapat mengakibatkan banjir. 

Para personil juga berterimakasih kepada masyarakat sekitar yang telah membantu mereka untuk menjaga wilayah Kabupaten Kubu Raya dari musibah kebakaran lahan ini. Personil juga mengigatkan kembali kepada masyarakat untuk selalu tetap menjaga wilayah mereka dari kebakaran lahan ini. Masyarakat juga diminta untuk melaporkan para pelaku pembakaran lahan agar mereka bisa diproses sesuai dengan hukuman yang terdapat di UU RI No. 32 Tahun 2009 Tentang Lingkungan Hidup. (Tim Liputan)

Editor : Aan



Share:
Komentar

Berita Terkini