GenBI KalBar Ciptakan PETASAN Semarak Hari Kemerdekaan RI Ke-77

Editor: Redaksi author photo
GenBI KalBar Ciptakan PETASAN Semarak Hari Kemerdekaan RI Ke-77
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 77 Tahun. Generasi Baru Indonesia (GenBI) Kalimantan Barat menyemarakan kegiatan peringatan hari kemerdekaan yang dipusatkan di Desa Punggur Kecil Kabupaten Kubu Raya pada hari Rabu (17 Agustus 2022).

Kegiatan yang diberi nama Peringatan Tujuh Belas Agustusan (PETASAN) Ke-77 tahun ini dengan mengusung tema Semarak Kemerdekaan Untuk Pulih Bersama Indonesia Maju. Pada kegiatan PETASAN tahun ini GenBI KalBar berkolaborasi dengan Rumah Pintar Punggur Cerdas (RPPC).

Kepada redaksi kalbarnews.co.id Ketua GenBI KalBar, Yang Yang Setiawan mengatakan bahwa  PETASAN merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh GenBI KalBar dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

“Kegiatan Petasan ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh GenBI KalBar dimana setiap tahun kita tidak sama lokasinya, tahun lalu kita di Tanjung Saleh dalam mengadakan PETASAN, namun di tahun 2022 kita mengadakan PETASAN ini di Desa Punggur Kecil,” ucapnya.

Ketua GenBI KalBar juga menjelaskan kegiatan PETASAN diawali dengan Upacara Pengibaran Sang Saka Merah Putih dan Pembacaan Teks Proklamasi di halaman Rumah Pintar Punggur Cerdas bersama anak-anak dan anggota GenBI Kalimantan Barat berlangsung dengan lancar dan tertib.

Sementara itu ketua Panitia PETASAN, Muhammad Fadhil mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai wujud peringatan HUT RI dan Penguatan Nasionalisme seluruh masyarakat dan peserta, Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait dalam penyelenggaraan PETASAN ini.

”Terima kasih kepada seluruh pihak maupun pengelola yang terkait dari Rumah Pintar Punggur Cerdas yang telah menyambut kami dan menerima kami bersedia untuk berkolaborasi pada kegiatan pada hari ini,” ujarnya.

Muhammad Fadhil mengatakan selain memperingati hari kemerdekaan ia berharap pada kegiatan ini dapat menjadi ajang untuk bersilahturahmi dengan penduduk sekitar.

“Di sini kita bersilaturahmi bersama-sama agar terciptanya ukhuwah silaturahmi yang kuat antara GenBI dan penduduk di sini,” ucap Muhammad Fadhil.

Pada kegiatan PETASAN ini terdapat beberapa rangkaian kegiatan dan lomba, diantaranya  Iringan Sampan, Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah (CPB), lomba makan kerupuk, lomba balap karung, lomba memasukan paku dalam botol, lomba tepuk bantal, lomba joget balon, dan panjat pinang. Iringan sampan memakai rakit bambu dengan diiring oleh sampan dengan menempuh jarak sekitar 300 meter.

Sementara Kegiatan perlombaan diikuti oleh berbagai kalangan, mulai anak-anak hingga orang dewasa berjalan dengan meriah dan membuat masyarakat sekiar antusias dalam mengikuti perlombaan Tujuh Belas Agustusan ini.

Ketika ditemui di tempat yang sama, Umi Lia selaku Founder Rumah Pintar Punggur Cerdas (RPCC) mengucapkan terimakasih kepada GenBI yang telah melaksanakan kegiatan PETASAN dan telah berkolaborasi dengan RPCC.

“Saya selaku founder Rumah Pintar Punggur kecil terlebihnya masyarakat di RT. 51 dan RW. 17 Dusun Cempaka putih, Desa Punggur Kecil berterimaksih banyak kepada GenBI atas terlaksananya kegiatan PETASAN yang telah dilasanakan di parit tembakul RT. 51 dan RW. 17. kegiatan ini merupakan kegiatan pertama bersama GenBI yang tentu membuat pesan dan kesan yang sangat antusias bagi masyarakat kami disini,” ujarnya.

Umi Lia juga mengucapkan terimakasih karna telah diberi kesempatan untuk dapat berkolaborasi dengan Rumah Pintar Punggur dan terkusus dengan warga Desa Punggur Kecil karna kegiatan ini juga menjadi ajang silahturahmi. (tim liputan).

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini