BKKBN Kalbar Dan Komisi IX DPR Canangkan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KAPUAS HULU) - Menempuh jarak lebih 500 kilometer dari ibukota Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Kota Pontianak. Tim Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Kalbar bersama Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyambangi daerah paling ujung di bumi khatulistiwa.

Sinergi BKKBN Kalbar dan Komisi IX DPR RI melakukan sosialisasi program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta percepatan penurunan stunting di Desa Semangut Utara Kabupaten Kapuas Hulu pada Rabu (3 Agustus 2022).

Direktur Bina Kualitas Pelayanan KB BKKBN Martin Suanta mengatakan Kapuas Hulu merupakan salah satu daerah dengan angka stunting tertinggi. Kapuas Hulu menempati peringkat keenam tingkat prevalensi stunting di Provinsi Kalbar. Hal ini tentu memerlukan upaya yang lebih keras untuk menurunkan stunting menjadi 14 persen pada 2024.

"Kondisi geografisnya jauh sekali bahkan paling ujung, saya dari Pontianak ke Sintang sudah tujuh jam, Sintang ke sini (Semangut Utara) nambah lagi lima jam," ucap Direktur Bina Kualitas Pelayanan KB BKKBN Martin Suanta.

Dirinya menyebutkan dalam upaya percepatan penurunan stunting BKKBN memiliki berbagai strategi. Diantaranya melalui Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), Satgas Stunting serta Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang terdiri dari kader PKK, bidan dan kader KB. Tim tersebut akan bekerja keras mendampingi anak beresiko stunting pada daerahnya.

"Kalau strategi ini berjalan dari mendampingi calon pengantin, ibu hamil dan anak usia baduta. Maka hasilnya akan berjalan maksimal," katanya.

Martin mengungkapkan selain TPK, TPPS dan satgas stunting, BKKBN juga memiliki tim audit stunting. Terlebih pada setiap tingkatan juga harus dibentuk TPPS mulai dari nasional, provinsi, kabupaten kota hingga kecamatan. Jika strategi ini bisa dijalankan dengan luar biasa dirinya meyakini stunting akan bisa diturunkan

"Walaupun kondisi geografis yang jauh dengan dibantu OPD KB kabupaten kota kami yakin dengan kerja bersama bisa sukses," tutupnya. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini