Jelang Iduladha Satgas Ops Aman Nusa Bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalbar Lakukan Ini

Editor: Redaksi author photo
 Satgas Ops Aman Nusa Bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalbar 
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Menjelang Perayaan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban Tim Satgas 2 Operasi Terpusat Aman Nusa 2 PMK Polda Kalbar bekerja sama dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat menggelar Kegiatan Disinfektasi terhadap kandang-kandang hewan ternak di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya.

Hal ini dimaksudkan agar hewan-hewan ternak yang sehat tidak mudah tertular oleh wabah Penyakit Mulut dan Kuku yang sedang menerpa negara Indonesia, Apalagi wabah PMK ini menyerang di saat mendekati Hari Raya Idul Adha yang mana sebagian besar ternak rentan terhadap serangan PMK.

Hal itu disampaikan Kasubdit Gasum Dit Samapta Polda Kalbar Selaku Kasatgas 2 Penanganan Ops Aman Nusa 2 Penyakit mulut dan Kuku (PMK), AKBP Ricky Renerika Riyanto disela-sela kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis (7 Juli 2022).

Disinfektasi dan juga vaksinasi dilakukan oleh jajaran Polri membackup dinas peternakan tingkat kabupaten dan kota hingga sampau ke level pedesaan dengan tujuan memperkecil peluang terjangkitnya wabah PMK pada hewan-hewan ternak sehat yang berada di area pengembang biakan (peternakan) milik masyarakat.

“Begitu masifnya kegiatan antisipasi yang gencar dilakukan terhitung periode Tanggal 2 Juli hingga 7 Juli 2022 dari data jumlah ternak yg tertular sejumlah 1187 ekor Sapi, sekitar 680 ekor diantara dinyatakan sembuh hingga 60 persen dan 40 persen  sisanya masih dalam Proses pengobatan dengan tingkat resiko kematian hewan ternak dapat ditekan serta wabah tidak menyebar luas ke daerah-daerah lainnya,” jelas AKBP Ricky Renerika Riyanto.

Selaku Kasatgas 2 Penanganan Ops Aman Nusa 2 Penyakit mulut dan Kuku (PMK), AKBP Ricky Renerika Riyanto yang juga Kasubdit Gasum Dit Samapta Polda Kalbar Upaya ini akan terus dilakukan hingga 25 hari kedepan Ops Aman Nusa 2 PMK.

“Kerjasama antara Pemprov Kalbar Khususnya Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalbar dengan Polri adalah langkah nyata upaya pemerintah dalam menyikapi wabah PMK di masyarakat sehingga dapat menekan dan mengeliminir hewan terkena wabah maupun memperkecil kerugian akibat wabah PMK di Kalimantan Barat,” jelasnnya. (tim lipurtan).

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini