BI: Perempuan Berhasil Kembangkan UMKM Karena Pendekatan Kelompok

Editor: Redaksi author photo

BI: Perempuan Berhasil Kembangkan UMKM Karena Pendekatan Kelompok
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) – Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan perempuan berhasil mengembangkan sebagian besar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) karena mengimplementasikan pendekatan kelompok.

“Istilah di BI adalah klusterisasi dan korporatisasi UMKM. Perempuan sangat mudah untuk dah melakukan pendekatan ini, apakah kelompok di desa, di kecamatan, di wilayah-wilayah lebih mudah dibentuk perempuan,” kata Perry dalam webinar “ Pemberdayaan UMKM Perempuan untuk Inklusi Keuangan,” jumat (27 Mei 2022). Menurutnya pengelompokan UMKM ke dalam sub sektor yang sama membuat program-program pengembangan UMKM lebih mudah di jalankan.

Saat ini BI membina hampir 2 ribu UMKM yang berasal dari seluruh Indonesia dengan memberikan pelatihan untuk pengembangan sekaligus akses ke pasar luar negeri. Selain klusterisasi, UMKM perempuan juga lebih mudah berkembang karena bersedia beradaptasi dengan meningkatkan kapasitas usaha mereka.

Hal ini termasuk melalui penggunaan Paltform digital untuk memasarkan produk danmengelola transaksi keuangan mereka. “QRIS” sekarang sudah tersambung dengan sekitar 17,2 juta UMKM dan ada juga UMKM yang memiliki kemampuan menggunakan BI-Fast atau digitalisasidi bidang sistem bayar,” katanya.

UMKM perempuan juga berkembang karena mereka memiliki kemauan dan kemampuan untuk melakukan inovasi.

“UMKM perempuan binaan BI tidak hanya mampu beradaptasi dalam bidang produksi, tapi mereka juga berinovasi dalam berkreasi, misalnya dengan mencaro motif baru untuk pakaian yang mereka produksi,” katanya.

Adapun berdasarkan data Badan Pusat  Statistik (BPS) pada 2021 sebesar 64,5 persen dari total UMKM di Indonesia yang berjumlah sekitar 65 juta dikelola oleh Perempuan. (Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini