Pengurus Masjid Al-Ihsan Pontianak Gelar Sunatan Masal Gratis Bagi Anak Dhu’afa

Editor: Redaksi author photo
Pengurus Masjid Al-Ihsan Pontianak Gelar Sunatan Masal Gratis 
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK)Pengurus Masjid al-Ihsan yang berlokasi di jalan Ujung Pandang, Kelurahan Sungai Jawi, Kecamatan Pontianak Kota, menggelar sunatan masal gratis bagi anak dhu’afa pada Minggu (03/10/2021).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk syiar dan wujud kepedulian pengurus masjid al-Ihsan kepada warga yang kurang mampu. Lazim diketahui bahwa saat pandemi seperti saat ini, banyak masyarakat yang diberhentikan dari pekerjaannya, ada pula yang usahanya mengalami kebangkrutan dan lain sebagainya.

Untuk membantu kewajiban orang tua pada anaknya menjalankan salah satu syariat Islam yaitu sunatan (khitan), maka kegiatan ini dilaksanakan.

Takmir masjid al-Ihsan, Dr. H. Winardi mengatakan bahwa kegiatan sunatan masal ini perdana dilaksanakan oleh masjid al-Ihsan Pontianak yang dikhususkan bagi masyarakat kurang mampu yang berada di sekitar wilayah masjid Al-Ihsan.

“Harapan kami semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat khususnya umat muslim. Ia menambahkan, bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini merupakan salah satu bentuk kegiatan syiar Islam dan memakmurkan masjid yang menebarkan kemanfaatan bagi umat,” ungkap Dr. H. Winardi.

Sementara itu Agus Syaukani selaku Ketua Panitia Pelaksana kegiatan sangat mengapresiasi kerjasama antara takmir masjid, panitia dan jama’ah serta donatur yang telah bersama-sama mensukseskan kegiatan ini.

Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh Takmir Masjid al-Ihsan, panitia pelakana, para Donatur dan seluruh jama’ah yang telah membantu baik materi maupun non materi demi terselenggaranya kegiatan ini” ucapnya.

Agus Syaukani menjelaskan Sunatan masal ini diikuti sebanyak 25 peserta yang kita prioritaskan bagi anak dhu’afa, dan kami mendapatkan respon positif dari masyarakat dam mereka sangat antusias pada kegiatan ini.

Agar anak-anak tidak tegang sebelum disunat, mereka diarak dengan iringan Tar dan alunan shalawat dan puji-pujian. Menurut Agus Syaukani, arakan dengan Tar ini merupakan seni dan budaya warga Kota Pontianak yang harus dilestarikan agar tak dilupakan.

"Untuk menciptakan suasana meriah dan bahagia, anak-anak diarak dengan Tar dan shalawat, arakan ini disepanjang jalan Ujung Pandang menuju Masjid Al-Ihsan Pontianak. Setelah dikhitan, mereka menerima bingkisan agar mereka mendapatkan kesan yang baik yang tak terlupakan dalam hidup, terang Agus Syaukani.

Hal senada disampaikan H. Bukhari selaku tokoh masyarakat dan juga salah satu takmir masjid, Ia menyatakan kegiatan sunatan masal ini tepat dilaksanakan di saat sekarang ini, saat covid-19 mulai mereda, tetapi pelaksanaannya tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Hilman, (4), salah saeorang peserta terlihat gembira mendapat kesempatan sunat gratis bersama anak lainnya, peserta termuda ini terlihat Tertawa bahagia.

"Senang karena sudah disunat," ucap Hilman yang datang ke khitanan massal didampingi ayahnya. (Lukman Hakim).

Editor : Taufik

Share:
Komentar

Berita Terkini